Rabu, 25 Januari 2012

Presiden Direncanakan Resmikan 7 Rusun di Batam

BATAM – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan meresmikan tujuh twin blok rusunawa (rumah susun sewa) untuk pekerja di kawasan industri Kabil Batam yang dibangun PT Jamsostek yang kini pengerjaan hampir rampung.

“Proyek pengerjaan 7 twin blok Rusunawa di Kabil sudah hampir rampung dan bakal diresmikan bulan Februari 2011 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),” kata Kepala Cabang PT Jamsostek Batam II, Ikeda Hendra, Rabu (11/1).

Sebelumnya, Jamsostek juga sudah membangun tiga twin blok rusun di kawasan tersebut, sehingga total rusun di Kabil menjadi 10 twin blok atau 20 blok rusun. Tujuh twin blok rusun yang baru dibangun lebih mirip dengan apartemen karena dilengkapi sejumlah fasilitas untuk membuat penghuninya merasa nyaman.

Menurut Ikeda, Jamsostek akan terus membangun Rusun sesuai dengan pertumbuhan permintaan. Terlebih kebutuhannya di Batam cukup tinggi seiring peningkatan industry. Program pembangunan Rusun juga sejalan dengan program pemerintah untuk menyediakan hunian yang nyaman bagi pekerja.
Di Batam saat ini terdapat tiga lokasi Rusun Jamsostek, yaitu Rusun Lancang Kuning di Batu Ampar dengan kapasitas 554 kamar dan 95 persennya telah terisi saat ini. Rusun Jamsostek Muka Kuning memiliki 78 kamar, dimana 100 persen telah terisi. Dan 10 twin blok rusun Kabil memiliki 1000 kamar dengan daya tampung 4000 pekerja.

Sementara itu, Badan Pengusahaan Batam telah menyiapkan lahan seluas tiga hingga empat hektare untuk pembangunan rumah susun pekerja yang baru di kawasan Tanjung Uncang.

Direktur Perencanaan Teknik Badan Pengusahaan (BP) Batam Istono mengatakan, untuk pembangunan proyek Rusun sudah disiapkan sejumlah lahan di beberapa lokasi seperti Kabil, Tanjung Uncang dan Sekupang. Untuk itu, BP Batam sudah bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum yang akan menyediakan anggaran untuk pelepasan lahan tersebut. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar