Minggu, 14 Oktober 2012

Aneka Jenis Joran atau Stick Pancing


Joran atau stick pancing ternyata memiliki banyak jenis dan tipe yang disesuaikan dengan fungsinya. Selain itu, yang membedakan antara satu Joran dengan Joran lainnya juga adalah harga, semakin mahal harga Joran maka kualitasnya bisa dikatakan semakin baik.

Masyarakat umum mungkin tidak mempedulikan tentang stick pancing atau Joran yang digunakan ketika ingin melakukan kegiatan memancing. Padahal, pemancing yang professional harus memilih Joran yang sesuai dengan tempat dan target pancingannya.

Chandra salah seorang pedagang alat pancing di Nagoya Batam mengatakan, Joran yang biasa digunakan terdiri dari dua macam yaitu joran antenna dan joran sambung. Model Joran tersebut dibuat untuk disesuaikan dengan lokasi pemancing seperti di laut lepas, di tepi laut, di danau atau di tempat lainnya. Pemilihan Joran sangat penting untuk menentukan target sasaran dan yang penting untuk diketahui ketika membeli Joran adalah kelenturan dan kakunya joran tersebut.

Bagian-bagian joran yang perlu diperhatikan adalah Blank yakni bagian utama joran yang berbentuk tongkat memanjang, kemudian Reel Seat yakni dudukan reel atau penggulung kenur. Butt adalah bagian Joran dimana tangan memegang joran, di bagian ini terdapat reel seat, butt grip, dan beberapa joran menggunakan gimbal butt (fighting butt). Lalu bagian  Line Guide yakni untuk mengontrol keluarnya kenur dari reel sampai mencapai ujung joran. Ada dua tipe utama line guide yaitu ring guide dan roler guide. Khusus untuk joran Fly Fishing ada 1 jenis lagi dinamakan snake guide karena bentuknya ulir menyerupai ular.

“Pemilihan Joran yang tepat akan mempermudah pemancing pada saat ia “Fight “ atau mengendalikan ikan yang sudah terkena mata pancingnya. Penggunaan joran meskipun tidak mutlak tetapi akan mempermudah proses pemancingan itu sendiri,” katanya.

Beberapa tipe Joran antara lain, Surf Casting Rod, Joran ini digunakan untuk memancing dari pinggiran karang atau pantai, sebab panjangnya bisa mencapai lima meter, mempunyai dudukan reel yang kuat dan grip yang besar untuk dipegang oleh kedua tangan waktu melempat umpan. Biasanya blank-nya bertipe teleskopik. Dengan Joran ini, pemancing dapat melempar umpan dengan hingga bisa mencapai jarak ratusan meter.

Kemudian Joran Ice Fishing Rod yang digunakan untuk memancing di danau, kolam, atau sungai yang beku dengan cara membuat lubang di es. Joran itu pendek, hanya sekitar 80-100 centimeter saja dan menggunakan spinning reel. Tipe ketiga Joran Fly Fishing Rod yang dirancang sedemikian rupa hingga dapat melempar umpan khusus berbentu k flies yang relatif ringan dalam jarak yang jauh. Blank panjang dan kecil diameternya dengan kelenturan yang tinggi, reel seat dirancang khusus untuk fly fishing reel.

Rod ini biasanya mempunyai satu ring guide yang besar disebut Stripping Guide dan beberapa ring guide yang lebih kecil disebut Snake Guide, diletakkan di sepanjang blank joran untuk mengontrol jalannya fly line (kenur khusus untuk fly fishing) yang relatif tebal diameternya.
Untuk menghindari gangguan dalam melempar (cast) biasanya rod ini tidak mempunyai bagian butt yang berada belakang reel seat, ataupun ada biasanya pendek saja. Tapi ada tipe rod yang mempunyai butt di bagian belakang reel seat dan malahan ada juga yang dilengkapi gimbal butt, biasanya untuk saltwater fly fishing.

Lalu ada juga tipe Joran Trolling Rod yang dirancang khusus untuk memancing dengan cara Trolling, yaitu memancing dengan menyeret umpan buatan atau umpan alami memakai kapal yang berjalan dalam kecepatan tertentu. Joran ini biasanya mempunyai ukuran dari lima feet sampai dengan tujuh feet. Joran tipe Bait Casting Rod digunakan untuk casting umpan di lokasi yang sulit terjangkau dengan akurasi yang tinggi.

Kemudian tipe Joran Spinning Rod yang dirancang untuk casting umpan jarak jauh dengan mengorbankan sedikit akurasi lemparan. Joran dengan spinning rod adalah joran yang paling umum digunakan di Indonesia karena kemudahan pakai dan harga yang terjangkau. Joran spinning bisa berbentuk teleskopik, satu section hingga tiga section blank. Ada lagi tipe Joran Popping Rod yang dirancang untuk mancing dengan metode Popping, yaitu melempar umpan buatan dari kayu atau plastik yang disebut Popper. Joran popping menggunakan spinning reel sebagai penggulung kenur. Joran ini mempunyai rentang panjang blank mulai dari tujuh feet sampai dengan 8,6 feet.

Menurut Chandar bagi pemancing pemula yang ingin membeli alat pancing, disarankan untuk banyak bertanya atau membaca literature mengenai alat alat pancing agar tidak salah dalam ketika membelinya. Kemudian, kualitas alat pancing seperti Joran juga harus diperhatikan karena banyak joran dipasaran dijual dengan kualitas yang beragam dengan harga yang  juga beragam. (gus).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar