Kamis, 29 Desember 2011

Berbagi Kasih Natal Bersama Kaum Duafa

Perayaan Natal bagi umat kristiani dilakukan dengan berbagai cara untuk memaknai pesan yang terkandung dalam hari besar tersebut, seperti yang dilakukan perusahaan property di Batam, Fanindo Grup yang berbagai kasih bersama anak yatim piatu di sejumlah panti asuhan.

Natal secara harfiah berarti hari kelahiran dan dalam bahasa Inggris, natal disebut dengan Christmas yang berasal dari kata Christ (Kristus) dan Mass (massa atau kerumunan orang) karena pada christmas, banyak orang berkumpul mengingat atau merayakan hari kelahiran Kristus.
Kelahiran Kristus di dunia mempunyai suatu titik awal yang paling penting dalam misi Kristus. Dilahirkan bukan dari pencampuran laki-laki dan perempuan, melainkan secara campur tangan Allah yakni diperanakan oleh kuasa Roh Allah (Mat 1:18,20). Maria, seorang gadis saleh, mendapat kehormatan sebagai perantara kedatangan Sang Mesias (Luk 1:26-33). Adapun Kristus datang untuk memperbaiki hubungan manusia dengan Allah yang semakin buruk oleh karena kesesatan manusia.

Manager Promosi Fanindo Group, Cheristina Nardini mengatakan, Natal sering juga dimaknai sebagai momentum untuk berbagi kasih karena Yesus dalam ajarannya sering mengajak umat manusia untuk berdamai, saling mencintai dan berbagi kasih tanpa memandang derajat manusia itu sendiri. Oleh karenanya, Fanindo grup sebagai perusahaan property di batam merasa punya tanggung jawab untuk berbagi kasih pada setiap perayaan Natal.

“Semarak perayaan Natal tahun ini dimanfaatkan Fanindo Group dengan melaksanakan aksi sosial di sejumlah Panti Asuhan di Kota Batam. Kegiatan rutin yang diselenggarakan pengembang perumahaan terbesar di Batam ini, selalu memberikan makna kepada masyarakat yang menerimannya,” katanya.

Bantuan yang diberikan berupa beras, minyak goreng, tilam, lemari, sabun mandi, odol, indomie dan barang kebutuhan lainnya memang tidak seberapa nilainya, namun yang terpenting adalah bagaimana seseorang atau sekelompok orang mau berbagi dengan sesame pada perayaan natal.

Rina (14) yang merupakan penghuni panti asuhan Elsadai Tanjung Piayu Batam mengatakan, merasa bersyukur mendapat bantuan tersebut, karena bisa memenuhi kebutuhan hariannya dalam beberapa bulan mendatang. Rina yang merupakan yatim piatu tersebut sudah menghuni panti asuhan selama 10 tahun karena kedua orang tuanya tidak diketahui rimbanya.

“Saya merasa bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan karena bisa mengurangi beban saya untuk beberapa minggu kedepan,” katanya.

Cheristina menyadari bahwa bantuan yang diberikan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup selamanya, oleh karena itu dia mengajak segenap umat kristiani untuk mau membuka hatinya membantu para yatim piatu di panti asuhan menjadi orang tua asuh, sehingga mereka bisa bersekolah seperti layaknya anak lain.
Saling membantu untuk berbuat baik kata Cheristina juga merupakan pesan Natal yang harus diikuti umat kristiani, karena jika manusia bisa melakukannya maka dunia ini bisa damai tanpa ada kekerasan. Itu sesuai dengan misi Kedatangan Kristus ke dunia untuk menjaga perdamaian antara umat manusia dan penciptanya, sebab pada masa lalu iblis selalu menggoda manusia untuk melakukan perbuatan jahat dan menjauhkan diri dari sang pencipta.
Sebenarnya natal merupakan suatu pemberian Allah yang paling besar bagi umat manusia. Natal merupakan wujud Kasih Allah pada manusia (Yoh 3:16). Natal merupakan motivasi Allah untuk membantu umat manusia.

Diceritakan sebelumnya bahwa semenjak kejatuhan Adam dan Hawa yang dipikat Iblis dalam nafsu keinginan, Allah selalu peduli pada makhluk ciptaan yang dikasihi-Nya. Karena dari semua ciptaan Allah, hanya manusia-lah yang dijadikan menurut rupa Allah (Kej 1:26,27).
Dan hanya manusia, makhluk hidup yang dilengkapi dengan napas Allah atau Roh Allah. Tidak ada makhluk lain yang begitu sempurna seperti manusia. Binatang, tumbuhan (makhluk di atas bumi) hanya terdiri dari badan kasar. Malaikat (makhluk sorga) hanya terdiri dari badan halus (roh). Tetapi manusia terdiri atas badan kasar dan badan halus.

“Begitu besar cinta Allah kepada umat manusia mestinya kita syukuri dan dengan Natal hendaknya kita berbagi kasih dan saling mencintai antara sesama umat manusia,” kata Cheristina. (gus).
1 File telah Dilampirkan| 24KB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar