Senin, 05 Desember 2011

Peringatan Hari Suci Dewi Kwan Im di Batam

Ribuan etnis Tiong Hoa dari dalam dan luar negeri menyerbu kawasan wisata Resort Tanjung Pinggir Batam untuk merayakan hari suci Dewi Kwan Im, Sabtu (15/10). Digelarnya perayaan di kawasan itu karena terdapat Patung Dewi Kwan Im yang juga merupakan patung tertinggi di Indonesia.

Humas KTM Resort, Ng Djui Tjie mengatakan, setiap perayaan hari suci Dewi Kwan Im maka ribuan orang dari dalam dan luar negeri dating ke KTM Resort untuk bersembahyang dihadapan Patung Dewi Kwan Im yang berada di lokasi tersebut.

"Banyak warga tionghoa dari Singapura, Malaysia, China dan beberapa orang dari negara Eropa yang datang untuk bersembahyang pada hari suci Dewi Kwan Im,” katanya, Sabtu (15/10).

Dewi Kwan Im adalah dewi yang welas asing dan penyayang diperkenalkan pertama kali oleh China pada abad pertama SM, bersamaan dengan masuknya agama Budha ke Negara itu. Pada abad ke 7, Dewi Kwan Im mulai dikenal di Korea dan Jepang karena pengaruh Dinasti Tang. Dewi Kwan Im identik dengan perwujudan dari sebagai seorang
Bodhisatva yang melambangkan kewelas-asihan dan penyayang.

Untuk memuja Dewi kwan im maka, Etnis Tiong Hoa di Batam mendirikan patung tersebut di kawasan KTM Resort. Patung yang dibangun memiliki ketinggian 22,37 meter yang menjadikannya sebagai patung tertinggi di Indonesia dan telah mendapat rekor Muri.
Menurut Ng Djui, setiap harinya selalu ramai pengunjung khususnya Etnis Tiong Hoa yang beragama Budha bersembahyang di Patung Dewi Kwan Im dan jumlahnya akan meningkat drastic pada perayaan hari suci Dewi Kwan Im setiap 15 Oktober.

Untuk memberi kemudahan dan kenyaman pada pengunjung melakukan sembahyang, maka pengelola mendirikan berbagi fasilitas seperti altar sembahyang, tempat pembakaran dufa dan tempat penjualan perlengkapan sembahyang.

Yang terpenting juga kata Ng Djui, terdapat tempat hunian atau resort dengan fasilitas lengkap yang berada di depan Patung Dewi Kwan Im. Oleh karena itu, pengunjung yang ingin bersembahyang khususnya yang berasal dari luar negeri tidak perlu repot repot mencari hotel di tempat lain karena di lokasi juga sudah tersedia hotel atau resort dengan standar internasional. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar