Senin, 19 Desember 2011

Kim Jong-un Diperkirakan Menjadi Pemimpin Korea Utara



Kim Jong-un diperkirakan akan menjadi penerus sang ayah Kim Jong-il. Kim Jong-un diperkirakan akan ditunjuk menjadi pemimpin baru Korea Utara menyusul kematian ayahnya, sang 'pemimpin tercinta' Kim Jong-il.

Inilah profil anak muda yang jarang tertangkap kamera tersebut. Kim Jong-un adalah putra termuda Kim Jong-il dari mendiang istri ketiga, Ko Yong-hui.

Lahir pada 1983 atau awal 1984, Kim Jong-un awalnya tidak dianggap mampu menggantikan kedudukan sang ayah. Para pengamat justru memusatkan perhatian mereka pada saudara seayahnya, Kim Jong-nam, dan saudara kandungnya Kim Jong-chol.

Namun spekulasi bahwa Kim Jong-un disiapkan untuk menjadi "putra mahkota" mulai muncul pada Januari 2009, setelah sebuah laporan dari kantor berita Korea Selatan yonhap mengatakan bahwa Kim Jong-il telah memilihnya sebagai pewaris kepemimpinan di negara komunis itu.

Penunjukan Kim Jong-un juga telah dilaporkan ke Komisi Pertahanan Nasional yang menandakan bahwa ia resmi didapuk sebagai calon penerus. Komisi Pertahanan, badan pemerintah terpenting di Korea Utara, dipimpin oleh Kim Jong-il.

Pada 2 Juni 2009, badan intelijen Korea Selatan dilaporkan mendapat informasi bahwa para pejabat Korea Utara telah diperintahkan untuk mendukung pilihan Kim Jong-il menjadikan Kim Jong-un sebagai pemimpin berikutnya.

Korea Utara telah menciptakan puisi, lagu hingga derap langkah khusus untuk Kim Jong-un. Laporan menyebutkan lebih dari 10 juta lembar foto juga telah disiapkan untuk dipasang berdampingan dengan ayah dan kakeknya.

Pada saat yang sama, ada spekulasi bahwa calon penerus Kim Jong-il adalah Chang Song-taek, suami dari saudara perempuan Kim Jong-il dan direktur departemen administrasi Partai Buruh Korea Utara. Tetapi beberapa pengamat memandang Chang Song-taek hanya akan bertindak sebagai "pembimbing" Kim Jong-un hingga ia siap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar