Minggu, 11 Desember 2011

Harga Tiket Meroket Jelang Natal dan Tahun Baru



BATAM – Harga tiket pesawat dan kapal laut dari Batam ke sejumlah kota khususnya Belawan Medan naik hingga 100 persen jelang Natal dan tahun baru. Selain mahal, untuk mendapatkanya juga sulit karena jumlahnya terbatas, untuk itu PT Pelni berencana menambah satu armada kapal yakni KM Sinabung yang melayani penumpang ke Belawan dan Tanjung Priok.

Manajer bidang usaha PT Pelni Batam, Nurdin mengatakan, tiket angkutan laut kelas 1 dan kelas 2 dari Batam tujuan Belawan Medan sudah habis terjual dan saat ini yang masih tersisa hanya untuk tiket kelas ekonomi.

"Untuk tiket keberangkatan tanggal 29 saja yang baru kemarin kami buka penjualanya langsung diserbu warga dan sudah habis terjual. Saat ini yang tersisa hanya untuk kelas ekonomi saja yang tanpa tempat duduk," katanya, Kamis (8/12).

Kondisi yang sama juga terjadi pada transportasi udara dimana warga kesulitan mendapatkan tiket pesawat tujuan Medan, harganyapun naik hingga 100 persen. Marketing Sriwijaya Air Batam, Lola A mengatakan, untuk penerbangan tanggal 23, 24, 25 Desember harga tiket lebih dari 1 juta rupiah, padahal harga biasanya hanya 500 ribu rupiah. Sedangkan harga tiket pesawat tujuan Jakarta masih relatif normal yakni 600 ribu rupiah. Kenaikan harga tiket terjadi hampir pada seluruh maskapai penerbangan tujuan Medan seperti Batavia Air dan Lion Air.

Distrik Manager Citylink Batam, R Hendra JS mengatakan, naiknya harga tiket disebabkan permintaan yang cukup tinggi dan terjadi setiap tahun. Periode waktunya sekitar 20 Desember hingga awal tahun baru, sedangkan rute yang paling tinggi mengalami peningkatan harga tiket adalah Medan serta Jakarta.

Meski harga tiket melonjak, kata Hendra namun permintaannya tetap tinggi, bahkan banyak warga yang kecewa karena tidak mendapatkan tiket.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik hari besar Natal dan Tahun Baru 2012, PT Pelni diketahui akan menurunkan kapal bantu atau kapal tambahan, yakni KM Sinabung yang melayani penumpang ke Belawan dan Tanjung Priok.

Humas PT Pelni cabang Batam, Rudi Venturi mengatakan, Pelni selalu mempersiapkan kapal cadangan untuk mengatasi lonjakan penumpang jelang natal dan tahun baru khususnya untuk rute Medan dan Jakarta.

"Jadwal kapal tambahan dari Batam menuju Belawan, yakni tanggal 23 Desember dan 25 Desember. Masyarakat bisa mendapatkan tiket di konter dan melalui internet karena sekarang sudah ada sistem online," katanya.

Harga tiket untuk tujuan Belawan, Medan kelas 1A dewasa 688 ribu rupiah, anak-anak 521.500 rupiah dan bayi 78 ribu rupiah. Kelas 1B dewasa 564 ribu rupiah, anak-anak 428.500 rupiah dan bayi 65.500 rupiah. Kelas 2A dewasa 389 ribu rupiah, anak-anak 297 ribu rupiah dan bayi 48 ribu rupiah. Kelas 2B untuk dewasa 359.500 rupiah, anak-anak 275 ribu rupiah dan bayi 45 ribu rupiah. Kelas ekonomi untuk dewasa 186 ribu rupiah, anak-anak 145 ribu rupiah dan bayi 27.500 rupiah. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar