Kamis, 15 Desember 2011

presiden : Jangan Sia Siakan Kenaikan Peringkat RI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan momentum peningkatan peringkat investasi Indonesia yang diumumkan lembaga pemeringkat utang Fitch agar dimanfaatkan sebaik mungkin.

Dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Jumat pagi, Presiden mengatakan pemerintah, otoritas moneter (Bank Indonesia), perbankan, pengusaha dan pemangku kepentingan lain hendaknya segera menyamakan langkah untuk memanfaatkan momentum ini.

"Dengan investment grade ini, maka akan mengalir modal dari internasional, jangka panjang dengan bunga rendah, dan sejumlah kesempatan lain, dan berdampak pada bisnis. Ini momentum dan tidak boleh disia-siakan," katanya.

Kepala Negara berjanji untuk segera melakukan sejumlah pertemuan dengan berbagai kalangan baik pimpinan kepala daerah, anggota kabinet dan pemangku kepentingan lainnya agar langkah ke depan bisa memanfaatkan momentum ini.

"Saya juga sudah bincangkan dalam rapat, awal tahun depan akan undang lagi dunia usaha, para gubernur dan tentunya jajaran kabinet dan pemerintah pusat duduk bersama di awal tahun agar 2012 bisa memajukan ekonomi agar lebih bagus," tegasnya.

Presiden mengatakan langkah itu perlu dilakukan karena banyak pihak mengatakan krisis ekonomi berpeluang terjadi pada 2012 di mana tidak ada negara yang bebas dari ancaman dampak krisis itu.

"Tadi pagi saya dengarkan pimpinan IMF bahwa perekonomian dunia belum cerah dan tidak ada negara yang bebas dari wilayah itu, kita harus nyata melakukan tindakan dan perlu juga dukungan politik dari semua," katanya.

Presiden juga mengingatkan untuk terus mengurangi rasio utang terhadap GDP. "Kita juga terus kejar pertumbuhan karena tidak mungkin tanpa pertumbuhan ada lapangan pekerjaan dan kemiskinan bisa dikurangi," katanya.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar