Minggu, 17 Februari 2013

Bintan Bangun 300 Resort

 
BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan dan investor akan membangun sekitar 300 resort di kawasan wisata Lagoi khususnya treasure bay dan Tanjung Berakit selama lima tahun kedepan untuk mengantisipasi semakin banyaknya turis asing yang berkunjung ke daerah itu.
 
Wakil Bupati Bintan, Khazalik mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bintan akan meningkatkan pendapatan dari sector pariwisata sebagai salah satu potensi ekonomi yang diunggulkan. Untuk itu, sejumlah investor asing sudah berniat membangun sejumlah resort di Bintan guna mengantisipasi semakin banyaknya turis asing yang berkunjung ke daerah itu.
 
“Saat ini sudah ada sejumlah resort berkelas internasional yang dibangun investor asing di Bintan khususnya Lagoi dan permintaan terus meningkat sehingga makin banyak investor yang tertarik membangun resort,” katanya, Selasa (15/1).
 
Menurut Khazalik sudah ada sejumlah investor asing yang akan membangun resort baru di Bintan dan diperkirakan dalam lima tahun kedepan akan dibangun sekitar 300 resort baru yang akan memperkerjakan lebih dari 600 karyawan lokal. Untuk itu, Pemkab Bintan sudah mengalokasikan lahan seluas 2.300 hektare untuk dibangun resort dan mengembangkan industri pariwisata di Bintan.
 
Dengan dikembangkanya industri pariwisata di Bintan maka diharapkan kontribusi sector pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah terus meningkat dan saat ini baru sekitar 55 miliar rupiah setiap tahunnya ditambah dari pemasukan dii pelabuhan sekitar 3 miliar rupiah.
 
“Saat ini baru terdapat 1.100 kamar di kawasan wisata Lagoi, dan 500 kamar di kawasan wisata Trikora Kabupaten Bintan dan jumlahnya akan terus ditingkatkan,” kata Khazalik.
 
Untuk meningkatkan kunjungan turis asing ke Bintan juga sedang membangun pelabuhan penumpang internasional di Tanjung Berakit yang nantinya akan mempermudah akses transportasi dari Bintan ke Singapura dan Malaysia sebagai turis yang paling banyak berkunjung ke Bintan. Untuk itu telah dibebaskan lahan seluas 50 hektare yang dialokasikan untuk membangun pelabuhan tersebut.
 
Kepala Dinas Pariwisata Kabuapten Bintan, Setioso mengatakan, untuk meningkatkan pendaptan dari sector pariwisata, Pemkab Bintan telah mengalokasikan anggaran sekitar 3 miliar rupiah pada tahun ini menjalankan sejumlah program promosi dan pembenahan infrastruktur. Beberapa langkah yang akan dilakukan seperti membenahi obyek wisata potensial seperti air terjun gunung Bintan, Goa Gunung Bintan, Danau bekas galian Bauksit, Pantai AWisata Sebong Pereh, Pantai trikora, Air Terjun Gubung Lengkuas dan Kampung Bekapur.
 
Dengan langkah tersebut diharapkan kunjung turis asing ke Bintan tahun 2013 ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Jumlah turis asing yang berkunjung ke Bintan pada tahun 2010 sebanyak 439.179 wisatawan dan tahun 2011 sebanyak 469.564 wisatawan, sedangkan tahun 2012, kunjungan meningkat menjadi 478.774 wisatawan. Untuk tahun 2013 ini diharapkan bisa mencapai lebih dari 500 ribu orang. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar