Minggu, 17 Februari 2013

Kontes Kucing di Batam


BATAM - Asosiasi Kucing Indonesia atau Indonesian Cat Association (ICA) Batam akan menggelar kontes kucing bertajuk Cats Noel di Nagoya Citywalk Minggu (23/12) untuk memperingat Natal dan Tahun Baru.

Ketua ICA Batam Fery Firdaus mengatakan, ada empat jenis perlombaan yang akan digelar dalam kontes tersebut, yakni lomba ketangkasan, lomba makan, lomba foto ceria, dan lomba peragaan busana atau fashion show. Lomba itu akan melibatkan seluruh varietas kucing di Batam, baik itu kucing ras, seperti Persia, Exotic, dan Norwegian atau kucing lokal Batam.

Peserta akan dibagi dalam dua kelompok berdasarkan usia. Kucing yang berumur kurang dari satu tahun akan masuk di kelompok kitten. Sementara kucing dengan usia di atas satu tahun masuk ke dalam kelompok adult. Penjurian didasarkan pada hal-hal yang berbeda bergantung pada jenis lomba. Untuk lomba makan dan ketangkasan, penilaian didasarkan pada kecepatan. Sementara untuk jenis lomba peragaan busana, penilaian berdasarkan keserasian pakaian dan mental kucing selama mengenakan pakaian tersebut.

”Kontes kucing kali ini lebih menonjolkan sisi hiburannya, Untuk having fun dan ajang bertukar ilmu bagi para pecinta kucing di Batam,” kata Fery, Sabtu (22/12).

Penilaian lomba, katanya dibedakan atas kategori perlombaan. Untuk lomba foto ceria berdasarkan pose kucing. Lomba ini terbagi menjadi dua bagian yakni foto kucing itu sendiri dan bagian kedua adalah foto kucing dan pemilik.

Kontes kali ini juga bertujuan untuk memperkenalkan ICA kepada masyarakat Batam, sekaligus silaturahmi bagi anggota ICA yang baru dibentuk pada 7 April 2012. Saat ini sudah terdaftar 50 orang sebagai anggota ICA dengan jumlah kucing lebih dari 500 ekor.
Kontes itu terbuka untuk umum tidak hanya anggota ICA, namun syaratnya kucing yang akan diikutkan dalam lomba harus memenuhi syarat ICA seperti sehat dan sudah divaksinasi. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar