Minggu, 17 Februari 2013

Menyusuri Keindahn Pulau Benan



Pulau Benan di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau memiliki keindahan laut dengan ombak dan pasir putih yang menakjubkan. Tempat itu juga menjadi surga bagi pecinta snorkeling dan diving karena keindahan taman bawah lautnya.

Benan terletak di Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau itu dapat ditempuh dari Batam melalui Pealabuhan Telaga Punggur sekitar satu jam perjalanan dengan perahu cepat dan ongkosnya sekitar 150 ribu rupiah per orang. Sedangkan jika dari Kota Tanjung Pinang bisa ditempuh setengah jam perjalanan dari pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang.

Wisatawan tak perlu risau menjadi bosan selama diatas kapal menuju Pulau Benan karena pemandangan laut selama perjalanan sungguh menakjubkan. Wisatawan bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan berupa rumah-rumah panggung dan hutan di pinggir laut yang selalu menyejukkan mata.  Mendekati pulau Benan wisatawan akan disambut hamparan pulau kecil yang menawan dengan keramahan penduduknya dan keramahan itu semakin terasa saat tiba dipulau Benan. Wisatawan akan disambu dengan hangat oleh warga yang merupakan suku laut dengan menampilkan tarian tradisional Kampang.

Kecintaan warga Pulau Benan kepada pantai ternyata sudah mendarah daging dengan menjaga kebersihan pantai dan laut. Anak-anak pulau pun bebas berenang dipantai yang indah itu.  Selain kecintaan kepada bahari, warga pun masih melestarikan permainan tradisional berupa permainan gasing. Permainan adu gasing dengan penduduk ini menjadi atraksi menarik yang dapat dinikmati setiap wistawan.

Pulau itu menjadi istimewa karena telah ditetapkan sebagai desa wisata karena memiliki potensi wisata bahari yang sangat menakjubkan dengan  terumbu karang dan keindahan pulau-pulau yang ada disekitarnya. Kawasan wisata itu juga menjadi surga bagi para pecinta olah raga air seperti
kayak, kano, snorkeling dan diving.

Puas menikmati pemandangan bawah laut, wisatawan akan dimanjakan dengan kuliner khas Benan berupa kerapu bakar dan untuk mendapatkan ikan kerapu yang akan dimakan juga tidak terlalu sulit karena wisatwan dapat mendatangi keramba ikan kerapu dan memancing sepuasnya.
Melengkapi kunjungan di Pulau Benan, wisatawan akan diajak untuk mengenal serta menari bersama dengan iringan musik khas bernuansa melayu, dan itu menjadi sebuah perjalanan yang lengkap dan menyenangkan dengan menggabungkan keindahan alam, ramah tamah penduduk, serta sajian kesenian setempat

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lingga Muhammad Ishak menjelaskan, Pulau Benan merupakan salah satu desa wisata,yang sering di kunjungi wisatawan lokal,maupun mancanegara. Tempat ini juga telah memiliki fasilitas seperti peralatan diving, snorkeling, kayak, kano dan tempat penginapan.

“Batu karang dan ikan-ikan di kedalaman satu sampai dua meter masih bisa terlihat dari permukaan air di sekitar pulau Benan dan itu merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan serta membawa kesan yang tidak terlupakan,” katanya.

Khusus untuk tempat penginapan, di desa wisata ini terdapat enam buah Cotteage dan belasan rumah penduduk yang bisa di jadikan sebagai Homestay  bagi para pengunjung. Biaya yang dikenakan untuk menginap juga cukup murah sehingga pengunjung atau wisatawan tidak perlu menyediakan anggaran besar untuk menikmati keindahan Pulau Benan.

Menurut Ishak, Pulau Benan sering dijadikan tempat berwisata bagi rombongan dalam jumlah besar untuk menikmati malam pergantian tahun . Untuk malam tahun baru kali ini, beberapa rombongan wisatawan sudah memesan tempat, diantaranya 100 orang wisatawan lokal dari Palembang, Batam dan lainnya serta ada juga wisatawan asing.

“Khusus untuk acara malam pergantian tahun di Pulau Benan nanti akan diadakan acara Barbeque (bakar ikan) dan acara hiburan joged dangkong,” katanya. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar