Minggu, 17 Februari 2013

Semarak Menyambut Tahun Baru di Batam


Menyambut malam pergantian tahun, sejumlah obyek wisata di Kota Batam mulai bersolek untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya seperti yang dilakukan manajemen Hotel Harris Batam Centre, Mega Wisata Ocarina dan Jembatan Barelang yang akan menjadi titik berkumpulnya warga Batam melepas pergantian tahun.

Malam pergantian tahun tinggal beberapa hari lagi, dan sejumlah pengelola tempat wisata di Kota Batam mulai berbenah dan menawarkan sejumlah program menarik untuk memancing pengunjung menghabiskan malam tahun baru di tempat mereka. Salah satunya kawasan wisata Ocarina yang mulai berbenah menyambut malam tahun baru.

General Manager Mega Wisata Ocarina, Dewi Koryati mengatakan, sejak awal tahun lalu pihaknya telah menyiapkan konsep baru, menyulap objek wisata Ocarina menjadi tempat rileks. Untuk itu sejumlah fasilitas telah dibangun seperti restoran dengan menu masakan nusantara, Eropa, China dan lainnya. Kemudian fasilitas jet sky, taman bermain anak-anak, water park, komedi putar, rental sepeda dan bagi anak-anak yang memiliki hobi bermain sepeda motor mini juga tersedia.

“Untuk menarik pengunjung kami juga menyiapkan beberapa event atau kegiatan menarik termasuk untuk acara tahun baru yang bakal seru,” katanya.

Salah satu wahana favorit di Ocarina adalah Ocarina Water Park. Wahana ini memiliki kolam seluas 3 ribu meter persegi dan merupakan kolam terbesar di Indonesia. Ocarina Water Park dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare. Di dalamnya terdapat 15 jenis permainan air dengan menggunakan teknologi super canggih. Di antaranya Masagge Chair atau kursi pijat air, Nozlle atau kran hujan, Lange-Fountain atau taman air , Nozlle-Fountain atau air mancur yang dapat menari. Ada juga permainan Arc Tend atau tenda peristirahatan, Floating Lotus-Leaf atau permainan jaring selam, Show Bath, Bridge-Fountain atau jembatan, Fountain atau permainan pancuran air dengan menggunakan penampungan air, Rainbow Slide atau permainan lingkaran air, Slide for Family Bar atau permainan seluncuran air, Water Gun atau permainan pistol air, dan Hill Creep Slide atau permainan seluncuran bukit air.

”Untuk Hill Creep Side ini merupakan pertama di Asia,”  kata Dewi.

Sementara itu, manajemen Hotel Harris Batam centre mengemas acara tahun baru bersamaan dengan perayaan Natal dalam bentuk program menarik yang dipastikan dapat memancing pengunjung untuk melepas malam pergantian tahun di tempat itu.

General Manager Hotel Harris Batam, Benjamin Castel mengatakan, tahun lalu pihaknya  membuat program yang diberi nama Christmas Eve Dinner 2011 dan new year eve dinner 2011 yang masing-masing menawarkan hgarga khusus 199.000 rupiah nett per orang dan 250.000 nett per orang.

“Acara tahun baru tahun ini di Harris Batam Centre akan lebih seru disbanding tahun lalu karena banyak tawaran program yang kami berikan pada pengunjung,” katanya.

Pada malam pergantian tahun, pengunjung nantinya akan disajikan makanan spesial, seperti beef wellington, berupa daging sapi yang dibungkus dengan adonan roti. Selain makanan utama, Chef Rudianto juga akan menyajikan beragam menu penutup, seperti fruits fondue, funtastic pudding dan lain sebagainya. Pengunjung juga dapat menikmati hiburan yang disajikan pengelola berupa magician show, cabaret, live band dan dilanjutkan dengan beach party.

Sementara itu, Jembatan Barelang yang menjadi Ikon Kota Batam diperkirakan akan dipenuhi ribuan warga untuk melepas pergantian tahun seperti yang terjadi pada tahun tahun sebelumnya. Untuk itu, Pemerintah Kota Batam telah menyiapkan sejumlah fasilitas dan sarana untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung.

“Kami menghimbau kepada warga Batam dan turis yang akan melepas pergantian tahun di Jembatan Barelang untuk tidak memarkir kendaraanya di atas jembatan karena akan sangat berbahaya untuk keselamatan pengunjung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Yusfa Hendri.
Jembatan Barelang merupakan nama yang sudah tidak asing lagi di telinga. Terutama untuk penduduk tempatan atau warga Batam serta turis lokal atau turis mancanegara. Mungkin sudah ada puluhan atau ratusan informasi tentang Batam dengan Jembatan Barelangnya. Bahkan Pemerintah Kota Batam menjadikan Jembatan Barelang sebagai simbol kota dan juga ikon untuk program Visit Batam.

Lokasi Jembatan Barelang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Jembatan ini dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998, pemrakarsanya BJ Habibie yang kala itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi. Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang yang meruapakan nama pulau penyambung jembatan tersebut.
Secara keseluruhan, Jembatan ini memiliki total panjang 2.264 meter terdiri dari rangkaian enam jembatan yang masing-masing diberi nama raja yang pernah berkuasa pada zaman Kerajaan Melayu Riau pada abad 15-18 Masehi. Dari enam jembatan yang ada, yang menarik perhatian pengunjung adalah jembatan satu yang diberinama Jembatan Tengku Fisabilillah.

Jembatan Tengku Fisabililah memiliki struktur dan model mirip dengan golden gate-nya San Fransisco Amerika Serikat. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton dan memiliki lebar tinggi 642 x 350 x 38 meter. Jembatan ini bercirikan model Cable Stayed yang menjuntai dan megah. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar