Minggu, 17 Februari 2013

Dua Ladang Gas Baru Ditemukan di Natuna


NATUNA –  PT North Sokang Energi berhasil menemukan dua ladang gas baru dengan kapasitas cukup besar di Blok Dara 3 dan Blok Dara 4 Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Gas yang dihasilkan dari ladang tersebut rencananya sebagian besar akan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri.

Direktur PT North Sokang Energi, Indra Ibrahim mengatakan, setelah melakukan eksplorasi selama beberapa bulan telah ditemukan dua ladang gas baru dengan kapasitas belum diketahui tapi diperkirakan cukup besar di Blok Dara 3 dan Blok Dara 4 Natuna. Untuk mengetahui cadangan gas yang ada di blok tersebut saat ini sedang diteliti oleh para ahli.

“Gas yang dihasilkan dari ladang baru ini nantinya akan dijual di dalam negeri dan sebagian di ekspor,” katanya, Jumat (21/12).
Ditambahkan, North Sokang Energi sebenarnya memiliki empat ladang Gas di Blok Dara, sayangnya dua blok yakni Blok Dara 1 dan Blok Dara 2 tidak ditemukan kandungan gas yang cukup berarti sehingga terpaksa ditutup kembali.

Bupati Natuna, Drs H  Ilyas Sabli mengatakan, dengan ditemukanya ladang gas baru di Blok Dara maka pihak perusahaan atau Nort Sokang Energy diperkirakan akan menambah investasinya di Natuna. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Natuna diharapkan bisa lebih tinggi lagi pada tahun depan.

“Selain sector energy dan pertambangan, investor juga sebenarnya bisa mengelola bidang lain yang cukup prospektif di Natuna seperti pariwisata,” katanya.

Ditemukanya ladang gas baru itu juga menandakan bahwa Natuna memang salah satu daerah penghasil gas utama di dalam negeri. Menurut hitungan pemerintah, Natuna memiliki cadangan gas alam terbesar di kawasan Asia Pasifik Hal ini merujuk pada salah satu ladang gas yang terletak 225 kilometer sebelah utara Natuna.

Di tempat itu tersimpan cadangan gas alam dengan volume sebesar 222 triliun kaki kubik (TCT). Selain itu, gas hidrokarbon yang bisa ditambang mencapai 46 TCT. Angka itu tentu saja belum termasuk cadangan gas alam yang terdapat di bagian barat Natuna yang dikelola juragan minyak raksasa kelas dunia.
“Bukan hanya berjaya di sektor gas alam. Natuna juga memiliki minyak bumi yang seolah tiada pernah ada habisnya. Sumur-sumur off shore yang berada di bagian timur Natuna itu terus memancarkan minyaknya,” kata Ilyas. (gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar