Selasa, 12 Februari 2013

Melihat Citylight Singapura Dari Batam



Kota Batam tak hanya dikenal sebagai kota perdagangan dan industri, daerah ini juga memiliki potensi wisata yang mengundang decak kagum. Salah satu objek wisata favorit di Pulau Batam adalah tempat bersantai di atas Bukit Senyum dan Bukit Tanjung Uma, dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Singapura dari atas bukit.

Bukit Senyum dan Tanjung Uma di Pulau Batam merupakan satu dari sekian banyak objek wisata favorit karena dari atas Bukit ini pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Singapura dari kejauhan. Dari atas bukit tersebut, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan bangunan-bangunan di Kota Singapura dan kapal-kapal yang berlalu lalang dari dan menuju ke Singapura. Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan pesawat-pesawat yang lepas landas dari Bandara Internasional Changi yang juga melewati kawasan bukit tersebut.

Jika malam menjelang, pemandangan dari atas Bukit Senyum dan Tanjung Uma semakin memukau. Lampu-lampu dari bangunan-bangunan di Kota Singapura dan juga lampu-lampu kapal di lautan menyajikan pemandangan yang sangat indah.

Eksotisme pemandangan dari atas Bukit Senyum dan Tanjung Uma pada malam hari itu bisa dinikmati sembari duduk-duduk di atas rumput atau juga bisa sambil duduk di jejeran bangku yang sudah disiapkan para pedagang setempat. Sambil menikmati jajanan yang disajikan para pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Singapura karena seluruh tempat duduk atau tempat bersantai yang disediakan menghadap kearah Kota Singapura.

Wisatawan yang menyukai kuliner bisa menentukan sendiri seleranya karena para pedagang di tempat itu memiliki beberapa pilihan kuliner seperti makanan sea food, jagung bakar, martabak mesir, masakan nusantara dan masih banyak lagi. Para pengunjung bisa bersantai diatas tempat duduk yang disediakan dan ada juga yang lesehan.

Kepala Dinas Pariwisata Batam, Yusfa Hendri mengatakan, kawasan Bukit Senyum dan Tanjung Uma merupakan salah satu destinasi wisata intercity yang menjadi andalan kota Batam. Selain menjual fanorama Kota Batam dan Singapura, di tempat itu juga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati kuliner yang dijajakan masyarakat setempat.

“Sejak beberapa tahun terakhir, Pemko Batam sudah membenahi kawasan wisata Tanjung Uma dan Bukit Senyum dan di tempat itu sudah tersedia tempat untuk beristirahat sambil menikmati jajanan yang dijajakan masyarakat setempat,” katanya.

Dari tempat itu, wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Singapura termasuk taman langit atau Sky Park yang terletak di Marina Singapura. Kemudian lalu lalang kapal kapal besar di laut juga menjadi suguhan yang menarik lainnya termasuk matahari terbenam pada sore hari yang menjadikan tempat itu menjadi lokasi yang sangat romantis, apalagi sambil menikmati teh tarik yang menjadi minuman khas kota Batam.

Seorang pengunjung, Andrew mengatakan hampir tiap sore dia bersama rekan rekannya nongkrong di Atas bukit Tanjung Uma karena jika sore hari pemandangannya sangat indah dan cocok untuk berdiskusi serta bersantai setelah seharian bekerja.

“Biasanya sebelum pulang ke rumah setelah bekerja, saya dan teman teman nongkrong dulu di atas bukit tanjung uma, pemandangannya mengasikan,” katanya.

Selain warga Batam, lokasi Bukit Tanjung Uma dan Bukit Senyum juga selalu ramai dikunjungi warga dari daerah lain yang kebetulan berkunjung ke Batam. Tempat itu semakin ramai pada akhir pecan yakni Hari Sabtu dan Minggu yang kebanyakan dikunjungi warga dari daerah lain. Para pengunjung tersebut selain menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan laut serta panorama kota Singapura dan Batam juga asik berphoto atau mengambil gambar.

Meski selalu ramai dikunjungi para wisatawan dan sudah ditata oleh pemerintah kota Batam, namun para pengunjung masih mengeluhkan minimnya fasilitas umum yang disediakan di tempat itu seperti Toilet dan tempat sampah. Akibatnya, banyak pengunjung yang kesulitan jika ingin ke toilet selain itu tidak adanya tempat sampah menyebabkan area di sekitar lokasi banyak ditemui sampah sampah yang berserakan. (gus).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar