Senin, 18 Februari 2013

Naiknya UMK Tak Pengaruhi Pertumbuhan Industri



BATAM – Pertumbuhan industri tahun ini diperkirakan lebih tinggi dibanding tahun 2012 meskipun upah buruh di seluruh daerah naik. Itu disebabkan, masih banyak daya tarik yang dimiliki Indonesia selain upah murah.

Wakil Menteri Perindustrian RI Alex SW Retraubun meyakini, meskipun upah buruh naik di setiap daerah hal itu tidak membuat pertumbuhan industri merosot. Pasalnya, Indonesia memiliki banyak daya tarik yang mampu menarik investor untuk menanamkan modalnya.

" Kita sangat yakin industri dapat terus tumbuh mencapai target tapi pasti ada hentakan sedikit karena isu upah buruh ini. Presiden sendiri sudah memberikan pernyataan bahwa era upah murah sudah berakhir," kata Alex, Senin (21/1).

Ditambahkan, presiden sudah memberikan dukungan kepada buruh agar bisa menerima upah yang selayak mungkin. Itu mestinya di dukung oleh pengusaha dengan memberikan upah yang layak kepada para buruh, tentunya dengan mempertimbangkan kemampuan pengusaha tersebut.  
Ketua Kadin Kepri Johannes Kennedy mengatakan, jika pemerintah telah berkomitmen untuk mengakhiri era upah murah maka, pemerintah juga harus mulai memikirkan untuk mencari pengganti daya tarik lain bagi pengusaha agar tetap mau menanamkan modalnya di dalam negeri.

"Jika sudah berakhir (upah murah) maka akan timbul biaya baru, padahal selama ini investor tertarik menanamkan modalnya di dalam negeri karena upah murah. Kalau itu dihilangkan, harus ada penggantinya," katanya.

Kennedy mengatakan,  pemerintah harus menyiapkan teknologi baru, memiliki nilai Sumber daya unggul yang bisa menggantikan upah murah itu. Ketergantungan dengan investasi asing juga harus dikurangi dengan meningkatkan daya saing nasional. Untuk itu, setiap daerah harus memiliki fokus pengembangan agar bisa tumbuh lebih cepat.  

Untuk menjadikan suatu daerah itu maju, harus memiliki tiga unsur, diantaranya ialah, pertanian, perikanan dan peternakan. Jika ketiga unsur tersebut bisa dilakukan di daerah masing-masing, maka tingkat perekonomiannya akan maju dan masyarakatnya juga terbantu. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar