Selasa, 12 Februari 2013

Pemkab Anambas Tawarkan 3 Proyek Senilai Rp74 Miliar


ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menawarkan tiga mega proyek untuk dikerjakan tahun 2013 yakni pembangunan Runway Bandara Jemaja, Waterfront city dan Masjid Raya Anambas yang akan menjadi Ikon Kota, dengan total nilai proyek sekitar 74 miliar rupiah. Dengan pengerjaan proyek itu diharapkan perekonomian daerah yang baru berdiri empat tahun itu bisa terpacu.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Drs Tengku Mukhtaruddin mengatakan, sebagai daerah pemekaran yang baru dibentuk empat tahun lalu, perekonomian Anambas belum berjalan seperti daerah lainnya. Daerah ini juga tertinggal dibanding daerah lain di Kepri sehingga perlu dipacu agar pembangunan bisa dipercepat.

Untuk itu, Pemkab Anambas memprioritaskan pembangunan infrastruktur khususnya infrastruktur yang mendesak dan perlu segera disediakan. Selain itu juga dibutuhkan bangunan yang menjadi Ikon Kota sehingga Anambas bisa dikenal dan dikenang oleh pendatang atau turis yang banyak berkunjung ke daerah ini.

“Daerah ini butuh banyak dana atau investasi khususnya untuk pembangunan infrastruktur agar pertumbuhan ekonomi bisa dipercepat, untuk itu dibutuhkan peran swasta selain pemerintah untuk membangun berbagai proyek di Anambas,” katanya, Senin (3/12).

Guna mempercepat pembangunan daerah, Kata Tengku pihaknya merancang tiga mega proyek yang akan dikerakan mulai tahun depan yakni proyek pembangunan Runway Bandara Jemaja dengan nilai proyek 19 miliar rupiah, Pembangunan Masjid Agung Anambas senilai 30 miliar rupiah dan pembangunan Waterfront city senilai 25 miliar rupiah.

Anggaran untuk tiga proyek itu sudah dialokasikan dalam APBD dan diharapkan dalam waktu dekat sudah ada perusahaan pemenang tender proyek tersebut agar pengerjaanya bisa segera dimulai.

Kabupaten Kepulauan Anambas terbentuk melalui Undang-Undang No. 33 Tahun 2008 tanggal 24 Juni 2008 terdiri dari 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Siantan, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Palmatak, Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur. Ditambah dengan satu Kecamatan yaitu Kecamatan Siantan Tengah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Kabupaten Natuna.

Luas Kabupaten Anambas 590,14 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2011 sebanyak 41.957 jiwa. Meski berpenduduk sedikit namun Anambas memiliki APBD yang besar yakni 1,15 triliun rupiah relatif sama dengan APBD Kota Batam yang memiliki jumlah penduduk lebih dari satu juta jiwa. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar