Senin, 18 Februari 2013

Pantai Lagoi Tercemar Limbah Minyak



BINTAN – Kawasan wisata utama di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Pantai Lagoi tercemar puluhan ton limbah minyak hitam atau sludge oil yang dibuang kapal tangker di perairan internasional lalu hanyut di sekitar perairan Kepri. Akibatnya, ratusan turis asing yang menginap di sejumlah resort mempersingkat waktu liburnya di Lagoi.

Direktur Operasional Nirwana Garden and Resort Lagoi, Arya mengatakan, Kasus pencemaran pantai di Lagoi selalu terjadi setiap tahun ketika angin musim utara yang membawa limbah dari perairan internasional ke laut Kepri. Akibatnya, banyak limbah seperti limbah sludge oil yang dibuang puluhan kapal tangker dari Singapura hanyut di sekitar perairan Kepri termasuk pantai Lagoi.

“Pencemaran pantai lagoi menyebabkan banyak tamu atau turis asing yang komplain karena tidak dapat menikmati pantai akibatnya sebagian wisatawan memperpendek masa tinggalnya dan memilih  check out lebih awal. Ini  memberikan dampak yang tidak baik terhadap wajah wisata Bintan ke depannya jika tidak ada tindakan nyata dari semua stake holder," katanya, Selasa (12/2).

Ditambahkan, daerah Lagoi sangat mengandalkan pendapatanya dari industri pariwisata dan wisata utamanya adalah pantai, sehingga jika pantai rusak atau tercemar maka akan mematikan industri pariwisata di Lagoi, Kabupaten Bintan.

Menurut Arya, limbah sludge oil berupa minyak hitam tersebut terdampar di pantai saat air laut surut dan menyebabkan pasir pantai menjadi tercemar. Untuk saat ini, limbah minyak yang datang tidak dalam kantong-kantong seperti beberapa tahun yang lalu, tapi berupa cairan dan ini sangat menyulitkan karena minyak-minyak tersebut meresap kedalam pasir dan menyebabkan pasir menjadi berbau dan berwarna hitam.

Sebagai langkah awal, untuk mengatasi pencemaran tersebut, manajemen hotel dan resort di Lagoi sudah mengerahkan seluruh karyawan untuk membersihkan pantai dan hasilnya terdapat 20 ton limbah minyak yang saat ini sudah disimpan sebagai barang bukti.

Selain mencemari pantai, dampak dari limbah minyak tersebut juga telah merusak ekosistem khususnya terumbu-terumbu karang yang ada di sekitar pantai tersebut. Selain itu, nelayan lokal juga tidak dapat mencari ikan.

Ketua DPRD Bintan Lamen Sarihi mengatakan, kasus pencemaran pantai di Lagoi selalu terjadi setiap tahun dan belum ada tindakan nyata dari Pemerintah Daerah padahal isu tersebut berpotensi mematikan sumber pendapatan masyarakat dan pemerintah daerah karena industri pariwisata sebagai sektor andalan terpukul.

Untuk itu, Pemerintah pusat harus turun tangan menyelesaikan kasus limbah minyak hitam yang mencemari kawasan pariwisata di Bintan Resort Lagoi karena penyelesainya harus dilakukan lintas negara (government to government), tidak bisa diselesaikan oleh  pemerintah daerah.

“Kamu sudah melakukan konsultasi ke Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta terkait limbah minyak hitam yang diduga berasal dari negara tetangga yang muncul setiap musim utara dan pihak Kementerian menyarankan agar diselesaikan antar negara,” katanya.

Dikatakan, limbah minyak hitam tersebut datang ke perairan Bintan setiap musim utara dan jumlahnya cukup banyak. Hal itu harus menjadi menjadi perhatian serius stake holder yang ada di Bintan dan harus ada kordinasi untuk mencari penyelesainya.

“Pemkab Bintan harus melakukan koordinasi dengan TNI AL, Polair dan KPLP untuk melaksanakan operasi gabungan dalam menjaga laut Bintan dari pencemaran limbah tersebut,” katanya.

Lamen juga meminta Pemerintah Singapura untuk mewajibkan setiap kapal yang memasuki negaranya harus dalam keadaan bersih, sebab dikuatirkan jika dalam keadaan kotor maka saat membersihkan kapalnya sengaja dilakukan saat musim angin utara yang ketika itu arus air laut menuju ke Bintan, sehingga perairan Singapura bebas dari pencemaran. (gus).


 

1 komentar:

  1. Ass.Saya PAK.ANDRI YUNITA.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 081340887779
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya
    DANA GAIP KIYAI DIMAS KANJENG TAAT PERIBADI

    BalasHapus