Selasa, 16 Oktober 2012

Aplikasi Juz Amma yang Menentramkan


Juz ’Amma adalah juz terakhir dari tiga puluh juz yang ada pada kitab suci Al Quran, ciri utamanya surah-surahnya adalah singkat-singkat, dengan bahasa yang indah mempesona, menyentuh hati disertai dengan argumentasi rasional yang mampu menyakinkan nalar atau cara berpikir. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, Juz Amma bisa selalu didengar dan dibaca lewat Aplikasi Smartphone.

Smartphone Android memperkenalkan aplikasi bernama Juz Amma (Surah of Quran) yang dapat dipelajari dengan mudah dan praktis bagi umat Islam. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur salah satunya fitur penerjemah ke berbagai bahasa dan juga disertai dengan fitur suara ketika sedang membacanya pada perangkat Android.

“Suara orang yang akan membacakannya yaitu Al-Ghamidi dan juga Mishary Alafasy. Dan bahasa yang mendukung dalam aplikasi ini di antaranya bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, dan bahasa Indonesia,” kata salah seorang pengelola Konter Handphone di Batam, Pendi, Selasa (7/8).

Aplikasi itu juga menggunakan tombol navigasi seperti tombol next, previous, play, stop di mana semua tombol tersebut akan memudahkan para penggunanya, selain itu untuk kemudahan membaca ayat dan juga Juz ‘Amma ditawarkan pula bahasa latin dibawah tulisan bahasa Arabnya serta pengertian atau makna dari ayat tersebut di atas tulisan Arabnya.

Pengguna aplikasi ini juga dapat melakukan pengaturan mengenai bahasa yang ingin dipergunakan, besar atau ukuran huruf, lalu apakah ingin menampilkan suara ketika Anda sedang membaca ayat atau Juz ‘Amma tersebut atau tidak.

“Aplikasi Juz ‘Amma untuk Android ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, dengan ukuran file sekitar 2.5MB yang memerlukan Android versi 2.1 atau versi di atasnya,” kata Pendi.

Yudi salah seorang pengguna Smartphone mengatakan, aplikasi Juz Amma sangat membantu untuk mempelajari Al Quran karena praktis bisa dibawa kemana mana serta ada terjemahanya dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian, setiap ayat Alquran yang ada bisa diketahui arti dan maksudnya.

Terlebih pada bulan Ramadhan yang penuh berkah dan juga banyak sekali pahala yang ditawarkan ini, maka mempelajari Alquran dan menghapal Juz ‘Amma menjadi salah satu aktivitas yang cukup menggairahkan karena selain bisa mengisi waktu disaat lowong sekaligus melaksanakan ibadah.

Yudi yang sehari hari bekerja disalah satu perusahaan seluler di Batam mengatakan, jika waktu istirahat disiang hari selalu dimanfaatkanya untuk mengupdate aplikasi Juz Amma dan beberapa surat yang belum dihapalnya dicoba untuk dihapal dengan menggunakan aplikasi tersebut. Alhasil, sudah beberapa ayat yang dihapalnya berkat Aplikasi tersebut.
 
Menurutnya, dengan kecanggihan teknologi saat ini mestinya tidak ada lagi alasan bagi seseroang terutama umat Muslim untuk tidak beribadah terlebih pada saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Pasalnya, banyak teknologi seperti aplikasi Smartphone yang mengingatkan penggunanya untuk disiplin dan selalu beribadah. Untuk itu, tidak ada salahnya memiliki Telepon pintar seperti Smartphone yang dapat berfungsi ganda yakni sebagai alat komunikasi sekaligus sebagai alat untuk meningkatkan ibadah dibulan puasa. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar