Selasa, 16 Oktober 2012

Tetap Modis Dengan Jilbab



Rambut sebagai mahkota bagi kaum hawa mestinya hanya dipertontonkan bagi pasangannya sendiri dan tak perlu diumbar untuk orang lain. Sayangnya, masih ada anggapan jika tidak memamerkan rambut  maka tidak dapat tampil modis, padahal anggapan itu patut diuji kebenaranya, sebab jilbab sebagai penutup rambut saat ini memiliki banyak corak dan mode yang membuat penggunanya tetap tampil modis dan trendy.

Salah seorang karyawan Toko Jilbab Zahra, Amel mengatakan, model jilbab yang dipasarkan saat ini sudah banyak variasinya, baik itu warna, bentuk, corak maupun bahan dasar jilbab tersebut. Oleh karenanya, setiap orang bisa membeli jilbab yang dapat disesuaikan dengan kostum yang akan dikenakan sehingga penampilanya tetap modis dan trendy.

“Remaja saat ini kurang suka atau belum siap ketika diminta untuk menggunakan jilbab. Alasanya,  jika mengenakan jilbab mereka terlihat tidak modern dan penampilannya tidak menarik, padahal dengan model yang ada saat ini menggunakan jilbab juga tetap modis,” katanya.
Jilbab, kerudung ataupun dalam bahasa melayu disebut tudung sebenarnya justru membuat penampilan seorang wanita lebih anggun, hanya saja perlu diperhatikan cara mengenakanya dan harus memilih corak serta model yang tepat.

Untuk itu, kata Amel ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menentukan jilbab yang akan dikenakan. Pertama, pilihlah bahan jilbab yang ringan, nyaman, adem dan praktis. Lalu Pilih model jilbab sesuai dengan bentuk wajah dan acara yang hendak dihadiri, agar tidak dinilai salah kostum. Model  jilbab serta warna harus disesuaikan dengan busana yang kita pakai untuk memberi kesan elegan dan cantik.

Kemudian, gunakan dalaman jilbab, seperti ciput, bando atau bandana agar rambut tidak mudah keluar sehingga anak-anak rambut pun rapi tersembunyi. Apabila rambut berponi maka disarankan untuk menggunakan jepit ke belakang agar tidak menimbulkan jerawat didahi,

Usahakan untuk berwarna serasi dengan dalaman jilbab, kadang jilbab atau bergo yang digunakan tidak cukup tebal sehingga dalaman jilbab cukup membayang. Untuk menyiasati pilih warna yang serasi dengan jilbab luar atau pilih warna hitam, putih atau warna kulit yang akan cocok dipadu-padan dengan jilbab aneka warna. Gunakan aksesoris jilbab seperti bros atau lainnya agar terlihat lebih cantik.

Tips selanjutnya, hindari model jilbab yang rumit dan banyak aksesoris untuk pemakaian sehari-hari.agar dapat melakukan aktifitas lebih leluasa, Lalu yang terpenting adalah jilbab yang dikenakan haruslah sesuai dengan syariat Islam.

Amel yakin jika kaum hawa mau mengikuti mode dan trend busana yang sedang berkembang, maka mereka tidak akan ketinggalan mode dalam berbusana meskipun harus mengenakan jilbab. Yang terjadi justru penampilannya semakin anggun dan cantik.

Jilbab yang dikenakan juga tidak harus dipadukan dengan busana muslim, sebab kesan yang terbangun justru konservatif dan tradisional. Jilbab yang
dipasarkan saat ini sebenarnya bisa dipadu padankan dengan busana sehari hari. Hanya saja, cara pemakaian dan model jilbab yang dikenakan hendaknya dapat diserasikan dengan kostum atau pakaian yang sedang dikenakan.

Contohnya untuk busana kerja, maka kaum hawa dapat memilih jilbab yang praktis dengan warna soft atau lembut. Itu perlu dilakukan agar aktivitas kerja tidak terhalang dengan jilbab yang dikenakan. Selanjutnya, untuk acara pesta atau pernikahan maka dapat mengunakan jilbab yang lebih rumit motifnya atau bentuknya dengan warna terang. Jilbab yang lebih banyak motif tersebut akan mendukung penampilan seseorang, dan perlu juga ada tambahan hiasan pada jilbab yang dikenakan untuk acara pesta agar kesan anggun dan cantik bisa diciptakan.
“Asal kita kreatif, maka jilbab apapun yang dikenakan akan selalu menarik sehingga tampilan kita tetap modis,” katanya. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar