Selasa, 16 Oktober 2012

Wakil Menteri Perhubungan Sidak di Pelabuhan Batam


 
BATAM - Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengecek sejumlah pelabuhan di Kota Batam terkait kesiapanya menghadapi mudik lebaran tahun ini. Diperkirakan lebih dari 300 ribu warga Batam akan mudik lewat pealabuhan laut ke berbagai daerah di Indonesia.
 
“Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam memprediksi arus mudik Lebaran kali in naik sekitar 10 persen. Untuk itu telah disiagakan 104 armada, dan perlu di cek kesiapan armada serta fasilitas di pelabuhan agar pemudik nyaman,” katanya, Rabu (15/8).
 
Beberapa pelabuhan laut yang di cek kesiapanya antara lain, Pelabuhan Sekupang, Harbour Bay dan Telaga Punggur. Di Pelabuhan Harbour Bay Jodoh, Bambang mendapati sekoci kapal yang tidak berfungsi. Untuk itu, diminta kepada pemilik kapal segera memperbaiki sebelum kapal tersebut dioperasikan untuk mengangkut pemudik.
 
Secara keseluruhan Bambang menyambut baik persiapan yang dilakukan Pemerintah daerah untuk menyediakan kapal bagi para pemudik. Di pelabuhan Domestik sekupang, Armada kapal yang disiapkan sebanyak 29 unit untuk pelayaran nasional dan 22 unit untuk pelarayan rakyat dengan tujuan Batam-Tanjung Balai Karimun, Tg Pinang, Tg Batu, Sei Guntung, Moro, Pulau Buru, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Kuala Tungkal dan Buton atau Pekanbaru.
 
Sementara Pelabuhan Telaga Punggur, armada Pelnasnya ada 23 unit dan armada Pelranya 27 unit serta armada ASDP 3 unit dengan tujuan Batam-Tg Pinang, Tg Uban, Lagoi atau Lobam dan Dabo Singkep.
 
"Jumlah penumpang yang bisa diangkut sedikitnya 8.059 penumpang dalam sekali jalan untuk pelabuhan Domestik Sekupang dan 5.154 penumpang untuk pelabuhan domestik telaga punggur sekali jalan," kata Bambang.
 
PT Pelni juga menambah satu kapal penumpang, KM Cirema untuk mengangkut pemudik tujuan Dumai dari Batam sehingga masyarakat tidak perlu cemas jika ketinggalan ferry, sebab KM Cermai juga ada tujuan Dumai.
 
Sementara itu, Pantauan Koran Jakarta di pelabuhan domestic Sekupang (PDS) Batam yang melayani tujuan sejumlah daerah di Indonesia terlihat aktivitas yang meningkat tajam dibanding hari sebelumnya.
 
“Pekan ini menjadi minggu terakhir bagi warga yang akan mudik sehingga aktivitas pelabuhan bertambah padat dan jumlah pemudik makin meningkat,” kata Kepala Syanbandar PDS, Erwin Sjafriza.
 
Menghadapi lonjakan pemudik, katanya sejumlah operator kapal telah menambah beberapa kapal untuk tujuan Jakarta, Medan, Jambi dan sejumlah daerah lainnya. Untuk itu, warga Batam yang akan mudik tidak perlu kuatir karena pasti akan mendapatkan tiket pulang kampong.
 
Terkait dengan infrastruktur di PDS, Erwin mengatakan sudah siap karena sebelumnya sudah dilakukan perbaikan beberapa fasilitas yang rusak dan menambah fasilitas baru untuk kenyamanan penumpang. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar