Selasa, 16 Oktober 2012

Kunjungan Wisatawan Asing ke Kepri Naik 25,4 Persen


BATAM -  Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) naik 25,39 persen menjadi 171.524 orang pada Juni 2012 dari 136.794 orang pada Mei 2012.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Badar mengatakan, sebagian besar wisatawan asing yang masuk ke Kepri lewat pintu Batam yakni 68,24 persen atau sebanyak 117.049 orang yang didominasi turis asal Singapura yakni 57,53 persen.

“Turis asal Singapura masih menempati urutan teratas dari seluruh turis asing yang datang ke Kepri pada bulan Juni ini,” katanya, Jumat (3/8).

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan, peningkatan jumlah kunjungan turis asing ke Kepri menandakan daya saing wisata Kepri semakin bisa diterima di luar negeri. Selain itu, Pemerintah daerah juga terus mempromosikan wisata kepri ke luar negeri, kemudian banyaknya acara atau event pariwisata juga ingin mengenjot pertumbuhan kunjungan turis asing ke daerah ini.

“Seluruh stake holder di Kepri terutama pelaku usaha pariwisata sudah berkomitmen untuk memberi dukungan pada peningkatan wisata Kepri,” katanya.
Untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan turis asing ke Kepri, Guntur mengajak masyarakat terlibat aktif misalnya dengan member layanan serta senyuman kepada turis tersebut. Hal itu penting karena jika masyarakat menyambut dengan ramah maka turis akan betah dan memiliki kesan positif terhadap kepri sehingga suatu saat nanti akan berkunjung lagi ke Kepri.

“Turis yang datang ke daerah ini harus dilayani dengan baik karena jika mereka jera maka mereka tidak akan datang kembali ke sini,” kata Guntur.

Guntur mengaku cukup terkejut dengan peningkatan jumlah wisatawan di bulan Juni, karena pada bulan tersebut tidak banyak event yang diselenggarakan. Peningkatan biasanya baru terjadi pada bulan Agustus atau akhir tahun. Hal itu menandakan bahwa informasi tentang pariwisata Kepri sudah sampai ke mancanegara. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar