Selasa, 16 Oktober 2012

Arus Mudik di Pelabuhan Batam Melonjak


BATAM – Arus mudik di Pelabuhan Domestik Sekupang Batam mulai menunjukan peningkatan tajam mendekati hari Raya Idul Fitri. Pemudik bahkan ada yang tidur di pelabuhan menunggu kapal berangkat.

Pantauan Koran Jakarta Senin (13/8) di pelabuhan domestic Sekupang (PDS) Batam yang melayani tujuan sejumlah daerah di Indonesia terlihat aktivitas yang meningkat tajam dibanding hari sebelumnya. Dari data yang disampaikan Kepala Syahbandar PDS menunjukkan adanya peningkatan jumlah penumpang. Jika dari H-15 hingga H-9 jumlah penumpang berkisar antara 1.400-1.800 orang maka pada H-8, Sabtu minggu lalu menjadi 2.020 orang dan jumlah penumpang makin bertambah pada H-7 mencapai 3.120 penumpang.

“Pekan ini menjadi minggu terakhir bagi warga yang akan mudik sehingga aktivitas pelabuhan bertambah padat dan jumlah pemudik makin meningkat,” kata Kepala Syanbandar PDS, Erwin Sjafrizal, Senin (13/8).

Menghadapi lonjakan pemudik, katanya sejumlah operator kapal telah menambah beberapa kapal untuk tujuan Jakarta, Medan, Jambi dan sejumlah daerah lainnya. Untuk itu, warga Batam yang akan mudik tidak perlu kuatir karena pasti akan mendapatkan tiket pulang kampong.

Terkait dengan infrastruktur di PDS, Erwin mengatakan sudah siap karena sebelumnya sudah dilakukan perbaikan beberapa fasilitas yang rusak dan menambah fasilitas baru untuk kenyamanan penumpang.

Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam, Mustofa Widjaja yang melakukan pengecekan di PDS mengatakan, Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) sudah siap melayani arus mudik Lebaran 1433 Hijriah. Kesiapan itu dapat dipastikan setelah dilakukan pengecekan secara langsung terhadap sejumlah fasiltias di PDS.

"Kita turun untuk memantau dan mengecek fasilitas yang ada di pelabuhan. Kita kroscek, jangan sampai ada yang yang rusak. Tadinya, dikuatirkan kondisi ponton dermaga pelabuhan tidak dapat menampung arus pemudik, namun setelah adanya perbaikan yang dilakukan BP Batam maka dapat dipastikan kondisinya siap.

Terkait dengan keamanan pelabuhan, pihak kepolisian sudah mendirikan posko pengamanan. Pos pengamanan dan pelayanan yang didirikan tepat di pintu masuk gedung pelabuhan itu sudah diaktifkan sejak dini hari kemarin dan dijaga sedikitnya 15 personil.

Kepala posko PDS, Ipda Sarwono mengatakan, personil kepolisian yang ditempatkan di posko itu berasal dari sejumlah kesatuan, seperti Satuan Lalulintas yang bertugas menertibkan kendaraan yang keluar masuk pelabuhan saat arus mudik dan balik Lebaran, Satuan Rekrim, Satuan Polisi Air dan dari KPPP sendiri.

"Pos ini kita operasikan mulai H-7 seperti sekarang hingga H+7," katanya. (gus)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar