Selasa, 16 Oktober 2012

Kunjungan Wisatawan Asing Ke Batam Meningkat


BATAM – Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Batam selama Januari hingga Mei 2012 naik 8,5 persen dari 440.280 wisatawan periode lalu menjadi 477.275 wisatawan saat ini. Itu menyebabkan pendapatan pemerintah dari industry pariwisata naik signifikan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Yufa Hendri mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan asing (wisman) ke Batam terus bertambah setiap tahunnya. Selama Januari hingga Mei tahun ini saja terdapat 477.275 wisman yang masuk ke Batam. Jumlah itu naik 8,48 persen disbanding periode sama tahun lalu yang 440.280 Wisman.

“Selain jumlah Wisatawan yang datang naik, jumlah pendapatan yang diterima juga ikut naik karena para wisatawan asing tersebut tinggal lebih lama di Batam yakni rata rata 3 hari,” katanya, Rabu (25/7).

Peningkatan itu dipicu langkah pemerintah daerah yang berupaya membuka pasar baru ke sejumlah negara Asia dan Eropa. Selain itu, peningkatan anggaran promosi dan banyaknya event pariwisata yang digelar di Batam juga menyebakan jumlah kunjungan wisatawan naik signifikan.
Sebagian besar wisatawan asing yang datang ke Batam selama Januari hingga Mei ini masih didominasi dari Singapura lalu Malaysia, Korea Selatan, India, Filipina, Jepang, China, Inggris, Amerika Serikat dan Australia.

Para wisatawan asing tersebut rata rata menginap di Batam selama tiga hari sehingga pendapatan yang diterima pemerintah daerah bertambah dibanding tahun lalu. Dengan demikian, Pemerintah Kota Batam optimistis target jumlah kunjungan wisatawan asing sebanyak 1,25 juta orang tahun ini bisa tercapai.
Tahun 2011 lalu, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Batam sebanyak 1.161.581 orang dengan kontribusi devisa terhadap negara sebesar 371,5 juta dollar AS, sedangkan tahun 2010 sebanyak 353,8 juta dollar AS.

“Sektor pariwisata telah menyumbang sekitar 73,2 miliar rupiah tahun 2011 yang diperoleh dari pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan,” katanya.
Untuk meningkatkan jumlah kunjungan turis asing ke batam, Pemerintah daerah telah menyusun langkah strategis diantaranya melakukan diversifikasi pasar khususnya ke Pasar Timur Tengah yang masih belum disentuh kemudian ke kawasan Asia serta Eropa. Untuk itu, anggaran promosi ditingkatkan dan pemerintah daerah juga berupaya memperbanyak event pariwisata untuk menarik turis asing datang ke Batam. (gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar