Selasa, 16 Oktober 2012

Kepri Siapkan Angkutan Mudik Lebaran


BATAM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menjamin warga Kepri yang akan pulang kampung atau mudik lebaran bisa terangkut seluruhnya setelah adanya kepastian tambahan armada dari operator kapal laut dan pesawat udara mengantisipasi lonjakan penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Muramis mengatakan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang selama mudik maka pihaknya bersama instansi terkait seperti Adpel, Pelni, bandara, dan Polda akan men-sweeping calo-calo tiket saat H-7 dan H+7. Selain itu, pihaknya juga memastikan, semua angkutan Lebaran tahun ini siap beroperasi pada H-7 dan H+7.

”Nantinya akan dibuka Posko di pelabuhan dan bandara, yang akan diisi petugas kesehatan, polisi, dan ambulans. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan masyarakat pada saat mudik lebaran,” katanya, Senin (6/8).

Penertiban calo dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga tiket, sebab salah satu faktor utama naiknya harga tiket karena permainan yang dilakukan calo. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk membeli tiket di loket resmi bukan lewat calo.

”Penumpang juga harus membeli tiket di agen resmi, jangan membeli kepada calo terutama tiket Pelni,” kata Muramis.

Terkait penambahan kapal dan pesawat, Muramis mengatakan, sejumlah operator kapal laut telah menyiagakan beberapa unit kapal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang begitupun dengan pesawat udara. Contohnya maskapai penerbangan Lion Air akan menambah ekstra flight sesuai permintaan di H-7 dan H+7. Operator kapal laut juga diperkirakan akan memberangkatkan kapalnya tidak lagi sesuai dengan jadwal, sebab nantinya kapal langsung berangkat jika penumpang sudah penuh,

Lewat Singapura

Sebagian warga Batam yang akan mudik lebaran ke Pulau Jawa memilih untuk melewati jalur Singapura karena harga tiketnya dinilai lebih murah disbanding langsung membeli tiket ke Jakarta atau Bandung.

Districk Manager Batavia Air Batam Sandy mengatakan, warga Batam yang akan mudik lewat Singapura tiketnya bisa dibeli dari Batam, sebab Batavia memberlakukan penjualan tiket via internet. Caranya, mengakses internet dan membuka info penjualan tiket Batavia Air, dari situ konsumen bisa langsung melakukan transaksi.

"Bisa langsung beli pakai kartu kredit atau datang langsung ke kantor Batavia di Penuin, Bandara Hang Nadim atau bisa bayar di agen-agen," jelasnya.

Dia membenarkan biasanya calon penumpang jika persediaan tiket penerbangan domestik tujuan Jakarta, Bandung, Jawa habis terjual memilih jalur penerbangan lewat Singapura. Ada juga yang memesan tiket ke daerah tujuan tersebut via Singapura dan pesannya di Batam. Meski demikian, jumlah warga Batam yang memanfaatkan jalur Singpaura untuk mudik tidak terlalu banyak. (gus).
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar