Kamis, 18 Oktober 2012

Batam Siapkan 9.000 Hewan Kurban


BATAM – Pemerintah Kota Batam bekerjasama dengan pengusaha lokal telah menyiapkan 2.000 ekor sapi dan 7.000 kambing untuk persediaan Hari Raya Qurban yang tinggal tiga pekan lagi. Hewan yang didatangkan dari sejumlah daerah tersebut dijual seharga 25 juta sampai 40 juta rupiah untuk sapid an 2 juta rupiah untuk kambing.

Ketua Tempat Penjualan Hewan Kurban (TPKH) Batam, Sumardi mengatakan,  tempat penangkaran hewan milik Badan pengawasan Batam di Seitamiang yang saat ini dikelolah oleh asosiasi tempat penjualan hewan kurban (TPKH) Batam telah kebanjiran order hewan kurban untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. TPKH sendiri telah mempersiapkan 9.000 hewan kurban, diantaranya 2000 ekor sapi dan 7000 ekor kambing.

“Pasokan yang tersedia saat ini, 25 persennya sudah terjual atau dipesan warga dan diantara pemesan banyak juga warga Singapura yang akan berkurban di Batam,” katanya, Kamis (4/10).

Ditambahkan, pasokan 9.000 hewan kurban tersebut belum seluruhnya tersedia di Batam karena sebagian masih dalam perjalanan dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, dipastikan satu pecan sebelum Idul Adha hewan tersebut sudah berada di batam. Hewan hewan tersebut didatangkan dari daerah, Jawa, Lampung dan Bali khususnya sapi sedangkan Kambing dari Lampung, Palembang, Jawa dan Bali.

Menurut Sumardi, jumlah hewan kurban itu memang tergolong tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meski demikian pasokan tersebut dikuatirkan kurang karena permintaan saat ini cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya sedang mempersiapkan untuk menambah pasokan dari daerah lain.

 “Tahun lalu sapi yang kami sediakan 1500 ekor tetap kekurangan, begitu juga kambing 5000 ekor masih kurang, hewan habis order masih banyak. Sehingga tahun ini persedian kita tambahkan lagi, itupun anggota masih kuatir takut kejadian seperti tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, sapi yang dijual di Batam terdiri dari empat jenis yakni Ramos yang beratnya mencapai 1 ton, Limosin, metal dan sapi Bali. Harga yang ditawarkan berkisar 25 juta sampai 40 juta rupiah tergantung ukuran dan jenis sapi. Adapun sapi yang paling mahal adalah sapi jenis Ramos dan yang paling murah sapi Bali. (gus).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar