Kamis, 18 Oktober 2012

Embarkasi Batam Berangkatkan 8.518 Jemaah Haji


BATAM – Embarkasi haji Kota Batam memberangkatkan 8.518 calon jemaah haji pada tahun ini yang berasal dari empat Provinsi yakni Kepri, Jambi, Riau dan Kalimantan Barat. Untuk itu, pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam telah menyatakan siap menyambut dan memberangkatkan calon jemaah haji ke tanah suci.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepri, Handarlin Umar mengatakan, jumlah calon jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Batam hingga batas akhir pendaftaran sebanyak 8.518 orang yang berasal dari empat Provinsi, yakni Jambi sebanyak 143 orang, Kepri sebanyak 992 orang, Riau sebanyak 5.044 orang dan Kalimantan barat sebanyak 2.339 orang.

“Panitia sudah menyatakan 90 persen sudah siap menyambut calon jemaah haji untuk segera diberangkatkan ke tanah suci,” katanya, Selasa (11/9).
Jamaah haji tersebut nantinya akan didampingi petugas sejumlah 1.370 orang sehingga yang akan berangkat dari Embarkasi Batam nantinya sejumlah 9.888 orang. Kloter pertama akan diberangkatkan pada 21 September pukul 10 pagi yakni jemaah haji dari Kepri sebanyak 450 orang.

Sesampainya di Arab Saudi,  Kloter jemaah haji asal Kepri akan di inapkan di Maktap 58, Mekah dengan nomor rumah atau hotel 1.017, Wiayah Badhodmah. Penempatan rumah JCH Kepri berdekatan dengan lainnya agar mudah diawasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi Darat (Opsda) Bandara Hang Nadim Batam, Setyo Utomo mengatakan, pihaknya menyatakan kesiapannya dalam menyambut JCH, mulai dari persiapan  landasan hingga tempat yang akan dilalui oleh JCH. Untuk memastikan kesiapan tersebut, pihak Kedutaan Arab Saudi di  Indonesia akan mengeceknya.

Menurutnya, pihak Arab Saudi telah mempersiapkan 22 penerbangan plus satu cadangan di Embarkasi Batam. Di mana penerbangan kloter pertama pada tanggal 21 September 2012. Pihak Arab Saudi juga akan menyiagakan lima pesawat boing 747 seri 400 dengan kapasitas 450 orang di Tiga Bandara Cengkareng, Hang Nadim dan Surabaya.

Untuk kenyamanan JCH selama di bandara, Pihak bandara juga telah mempersiapkan ruang tunggu khusus berkapasitas 500 orang untuk jemaah calon haji (JCH) Embarkasi Batam. JCH bisa menunggu keberangkatan dengan nyaman, tanpa terganggu penumpang lainnya.

”Ruang tunggu JCH sudah kami persiapkan dengan kapasitas besar dan terpisah dengan penumpang komrsial lainnya,” katanya.
Bandara Hang Nadim juga menyiapkan rute khusus bagi 10 bus penjemput JCH dari embarkasi yang dipersiapkan oleh panitia haji. Rute tersebut nantinya akan melalui jalur depan (lobi) bandara langsung memasuki ruang tunggu. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar