Kamis, 18 Oktober 2012

Citra Rasa Jepang di Industri Kuliner Batam



Sebagai kota industri dan pariwisata, penduduk Batam cukup beragam tidak hanya dari berbagai daerah di Indonesia tapi juga dari negara tetangga sepertihalnya Jepang. Oleh karenanya, bisnis makanan terus tumbuh seiring tingginya permintaan dari penduduk Batam yang berasal dari luar negeri tersebut.

Lebih dari 15 restoran Jepang sudah berdiri di Batam dan yang terakhir adalah Takigawa Resto yang menempati salah satu sudut di kawasan Citywalk Lantai satu Nagoya Batam. Sebagai restoran yang berasal dari negeri matahari terbit, Takigawa Resto mengusung konsep yang 100 persen ala Jepang, baik itu dekorasi maupun menu yang disajikan.

Celebritis Feby Febiola yang juga salah satu pemegang saham Takigawa Resto mengatakan, Takigawa Resto hadir  di Kota Batam dengan konsep yang berbeda dari Resto Jepang yang sudah ada. Contohnya menu yang ditawarkan cukup beragam yakni ada 250 macam menu khas Jepang, dengan citarasa yang sangat spesial.

Meski memiliki cita rasa Jepang, kata Feby masyarakat Indonesia juga bisa menikmati cita rasa tersebut karena masakan tersebut ada juga yang diracik dengan cita rasa Indonesia sehingga rasanya bisa dinikmati masyarakat.

“Takigawa Resto memiliki konsep yang unik, Cita rasa Jepang kami padukan dengan selera nusantara sehingga selain warga asing maka warga Indonesia juga bisa menikmati hidangan yang kami sajikan,” katanya saat Softopening Takigawa Resto Minggu (30/9).

Lokasi Takigawa Resto juga sangat strategis berada di pusat bisnis serta perdagangan Kota Batam yakni Nagoya yang dikelilingi dengan hotel berbintang serta pusat perbelanjaan. Oleh karenanya sangat mudah bagi pengunjung untuk mendapatkan resto tersebut.

Menurut Feby, keberadaan Takigawa Resto  diharapkan bisa menambah  cita rasa nasional di Indonesia, khususnya di Batam  yang banyak diminati dan disukai oleh kaum muda, maupun kalangan tua. Takigawa Resto menyuguhkan makanan khas Jepang yang dapat memberikan kenikmatan tersendiri bagi penikmat kuliner, baik wisatawan mancanegara, domestik maupun lokal. Kehadiran resto itu selain memberikan kenikmatan cita rasa bagi pecinta kuliner, sekaligus mendukung mendukung program Visit Batam 2012, yang sedang digalakkan oleh Pemko Batam.

"Keberadaan Takigawa Resto ini, kami persembahkan untuk masyarakat Batam, wisatawan mancanegara,  domestik  dan para penikmat kuliner ketika berkunjung  ke Batam," katanya.

Selain di Batam, Takigawa Resto juga sudah ada di sejumlah kota besar di Indonesia dan kehadiranya di tiap daerah selalu mendapat apresiasi dari masyarakat sebab resto ini tidak hanya menjual makanan tetapi juga membangun nuansa dan suasana yang penuh dengan keakrapan. Selain itu, sentuhan teknologi juga dihadirkan di resto ini berupa Wifi, kemudian ada televise dan AC.

"Selama ini, Takigawa Resto yang ada di Indonesia sangat di sukai semua kalangan. Sehingga keberadannya selalu di cari dan di sukai banyak orang. Tentu pelayanan maupun menu yang kami hidangkan sangat baik," kata Feby.

Anggota DPD RI asal Kepri, Aidha Zulaikha Ismeth Abdulah yang hadir dalam Soft Opening mengatakan, keberadaan Takigawa Resto sangat cocok di Batam khususnya bagi orang yang akan berkunjung ke Batam, maupun masyarakat lokal.

"Sangat tepat sekali, bila Takigawa Resto hadir di Batam. Secara geografis, Batam sangat dekat dengan Singapura, Malaysia, Thailand, negara-negara lainnya. Selain itu, banyak penanam modal asing (PMA) maupun pekerja asal Jepang ada di Batam yang sangat potensial menjadi pasar resto ini,” katanya.

Menurutnya, untuk tingkat lokal Takigawa Resto saat ini sudah memiliki Brand dan nama besar.  Sehingga, dapat menarik pengunjung yang datang untuk menikmati kuliner Takigawa Resto ini, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Sementara itu, Asisten Menejer Takigawa Resto, Cosmas Eko mengatakan, hampir semua Takigawa Resto yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia tingkat kunjungannya cukup tinggi. Konsumennya tidak hanya masyarakat lokal, tetapi juga turis domestik maupun mancanegara.

"Untuk memanjakan pengunjung kami siap membantu menyuguhkan citarasa makanan khas Jepang dalam 250 jenis masakan.  Semua bahan-bahan baku berkualitas tinggi, karena hampir 90 persen bahan bakunya di datangkan dari luar negeri. Diantaranya, di impor dari Jepang, Australia, Norwegia dan Amerika," katanya. (gus).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar