Selasa, 16 Oktober 2012

Smartphone Semakin Pintar


Teknologi yang terus berkembang membuat alat komunikasi yakni Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebatas nelpon dan sms, kini telah berubah dan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat seiring lahirnya teknologi PDA atau Personal Digital Assistant. Dengan teknologi itu, telepon genggam semakin smart atau pintar sehingga muncul istilah Smartphone.

Smartphone adalah sebuah device yang memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi nelpon dan sms dan di dalamnya juga terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti layaknya komputer. Jika dalam awal perkembanganya hanya dikenal Handphone dan PDA, maka perkembangan selanjutnya PDA mendapat kemampuan lebih yaitu fitur koneksi wireless sehingga mampu menerima maupun mengirim email, pada saat yang bersamaan juga Handphone mendapatkan penambahan fitur yakni kemampuan untuk mengirim pesan.
Pada akhirnya PDA menambahkan fungsi Handphone pada device-nya, begitupun juga handphone diberikan fitur PDA yang lebih banyak di dalamnya, sehingga hasilnya adalah sebuah Telepon pintar atau Smartphone.

Pekerja di Showroom Nokia Batam, Nadia mengatakan, teknologi Smartphone terus tumbuh dan aplikasinya semakin unik dan lebih banyak pilihannya yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Smartphone memiliki sistem operasi yang di dalamnya memungkinkan kita menjalankan berbagai aplikasi, misalnya Windows Mobile, Android, Symbian, ataupun Sistem Operasi Blackberry.” Katanya, Jumat (13/7).

Sebuah smartphone senantiasa dilengkapi berbagai aplikasi atau software yang tentunya ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan mendukung kegiatan sehari-hari. Misalnya Doc To Go, untuk membuat dan mengedit dokumen word di Smartphone. Smartphone juga bisa digunakan mengakses web atau internet dan konten yang disajikan di broswernya, sudah hampir mendekati seperti layaknya mengakses web lewat komputer. Opera Mobile, SkyFire Mobile, IE Mobile adalah contoh beberapa browser di sebuah smartphone

Menurut Nadia, teknologi Smarthphone akan terus berkembang seiring dengan makin tingginya tuntutan konsumen. Oleh karenanya, penjualan Smartphone juga dinilai cukup prospektif.
 
Salah seorang pedagang Handphone di Lucky Plaza Batam, Andi mengatakan, penjualan smartphone terus mengalami peningkatan namun tidak terlalu signifikan. Pembeli Smartphone, rata rata adalah mahasiswa dan pelajar serta eksekutif muda yang memang sengaja membeli handphone yang punya banyak aplikasi untuk mempermudah pekerjaan atau aktivitasnya.
 
Namun, pengguna Smartphone masih mengeluhkan kualitas jaringan dan kecepatan ketika mengakses salah satu aplikasinya, sehingga belum banyak masyarakat yang membeli produk tersebut. Selain itu, fasilitas untuk memasukan data seperti keyboard juga tidak efisien sehingga banyak orang yang masih mengandalkan computer atau laptop untuk mengakses internet ketimbang Smartphone.
 
Sebenarnya, Smartphone sudah dilengkapi dengan Qwerty Keyboard untuk mempermudah penggunanya memasukan data atau mengetik dokumen atau mengirim pesan. Tampilan QWERTY Keyboard bisa dalam bentuk fisik (hardware) misalnya seperti pada Blackberry, juga bisa tampil dalam bentuk Keyboard virtual seperti pada iPhone. Namun keterbatasan ruang menyebabkan penggunanya tidak leluasa memasukan data sehingga komputer masih menjadi andalan.
 
Meski demikian, Andi optimistis penjualan Smartphone akan terus meningkat dipicu teknologi yang terus berkembang sehingga produsen akan memperbanyak fasilitas yang lebih memudahkan penggunanya mengaplikasi berbagai konten yang menarik ditunjang dengan infrastruktur yang lebih efisien dan makin mudah digunakan penggunanya. (gus).
 
 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar