Selasa, 16 Oktober 2012

Batam Butuh 1.500 Pekerj Baru



BATAM – Kota Batam membutuhkan sedikitnya 1.500 pekerja baru pada September ini, untuk dipekerjakan di berbagai sector industri seperti galangan kapal, manufaktur dan elektronik.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Batam, Luhut Marbun mengatakan, pertumbuhan industri dan investasi di Batam yang cepat menyebabkan kebutuhan tenaga kerja semakin tinggi. Hingga September ini, Batam membutuhkan sekitar 1.500 pekerja baru.

“Dinas Tenaga Kerja Batam akan mengadakan Bursa Kerja pada September ini dan ditargetkan sekitar 1.500 pekerja baru akan diserap,” katanya, Kamis (9/8).

Ditambahkan, 1.500 pekerja baru tersebut nantinya akan dipekerjakan di 35 perusahaan yang ada di Batam yang bergerak di berbagai sector industry seperti Galangan kapal, Manufaktur, elektronik, Hotel dan Restoran dan sector lainnya. Untuk itu, warga Batam yang belum mendapatkan pekerjaan diharapkan bisa mengikuti bursa kerja tersebut.

Menurut Luhut, mengenai penempatan tenaga kerja yang dinyatakan lulus nantinya tidak semuanya akan ditempatkan langsung saat bursa kerja sedang berjalan. Sebagian kemungkinan akan ditempatkan setelah selesai bursa kerja tergantung kebijakan perusahaan yang dilamar calon tenaga kerja tersebut.

“Bisa saja nanti ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bulan Oktober tetapi ikut dalam bursa kerja tersebut. Makanya calon karyawannya atau pelamar tersebut harus menunggu, tetapi yang jelas ia pasti bekerja jika sudah dipastikan lulus dalam bursa kerja,” katanya.

Luhut yakin Bursa Kerja tahun ini akan diikuti ribuan pelamar karena bertepatan dengan usai perayaan Hari Raya Idul Fitri yang biasanya jumlah pencari kerja ke Batam meningkat. Untuk itu, diharapkan para pencari kerja yang nantinya ikut Bursa Kerja memiliki Ijazah minimal SLTA dan diharapkan memiliki ijazah keterampilan. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar