Selasa, 16 Oktober 2012

Puasa Lebih Khusyuk Berkat Aplikasi Smartphone



Berpuasa selain ibadah juga melatih diri untuk disiplin, namun kebanyakan orang lupa atau kurang peduli dengan hal itu disebakan kesibukan dalam menjalani aktivitasnya. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, telepon pintar seperti Smartphone dapat mengingatkan umat Islam yang sedang menjalani ibadah puasa untuk lebih mendisiplinkan dirinya melalui aplikasi yang ada di Smartphone.

“Ramadhan adalah bulan di mana umat Islam selama tiga puluh hari akan dilatih untuk disiplin waktu dan Pada era perkembangan teknologi saat ini kita dapat dengan mudah mengatur aktivitas sehari hari agar kegiatan pada saat bulan Ramadhan lebih bermanfaat. Tentunya melalui aplikasi yang disediakan perangkat mobile phone,” kata Pengelola Salah Satu Konter Handphone di Lucky Plaza Batam, Senin (6/8).

Di Bulan puasa ini, Smarthpne banyak menawarkan aplikasi hyang memberikan kemudahan kepada umat Islam untuk selalui ingat dan disiplin beribadah. Aplikasi yang ditawarkan antara lain, jadwal berbuka puasa dan imsak selama bulan Ramadhan, membuat alarm, membaca artikel Islam, menyediakan kumpulan doa-doa serta menampilkan pencarian tempat makan dan lokasi mesjid terdekat.

“Informasi Jadwal Sholat bisa diketahui dengan mengatur alarm kedalam posisi ON/OFF,” katanya.

Kemudian, Artikel-artikel Islam yang akan memberikan pengetahuan dan pembelajaran tentang Islam juga bisa diakses melalui aplikasi Smartphone, lalu ada Kumpulan do'a sehari-hari. Kemudian ada juga aplikasi yang dapat membantu kita mengetahui lokasi tempat makan untuk berbuka puasa dan lokasi masjid untuk shalat.

Aplikasi Ramadhan itu dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, sebelum instalasi pada smartphone Android.  Sebelum di install ada baiknya memperhatikan kebutuhan minimumnya berikut ini, Aplikasi ini dapat diinstal pada Android versi 2.1 atau versi di atasnya. Ukuran filenya juga tidak terlalu besar yaitu sekitar 470 Kb dengan rilis versi terbaru saat artikel ini ditulis pada 3 Juli 2012.

Sandi pengguna Smartphone mengatakan, beberapa aplikasi yang ditawarkan Smartphone sangat membantunya agar lebih khusuk beribadah dan dia juga menjadi lebih disiplin melaksanakan ibadah karena selalu diingatkan oleh Smarthpne tersebut.

Salah satu aplikasi favoritnya adalah I-Quran yang merupakan salah satu aplikasi Islami terpopuler di Google Play. Jumlah yang mengunduhnya telah mencapai di kisaran 1 hingga 5 juta dengan rating 4,8. Aplikasi ini berguna bagi umat Islam yang ingin membaca Al-Qur'an dalam huruf Arab di perangkat Android. Tak hanya itu, iQuran juga menyediakan terjemahan setiap ayat dalam bahasa Inggris.iQuran dapat diunduh tanpa dipungut biaya alias gratis. Untuk versi berbayar,
 
Aplikasi yang cukup menarik lainya adalah Kalkulator Zakat. Aplikasi ini tergolong masih baru dan jumlah pengunduhnya belum terlalu banyak. Namun, aplikasi ini cukup berguna untuk menghitung berapa zakat yang dikeluarkan terkait harta, profesi, dan usaha.
 
“Banyak aplikasi Smartphone yang menarik dan dapat membantu kita supaya lebih disiplin dan senantiasa melakukan ibadah terutama dibulan Puasa ini, oleh karena itu tidak salah jika kita mengunduh salah satu atau beberapa aplikasi supaya lebih khusuk beribadah,” kata Sandi.
 
Dikatakan, saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju dan sudah sepantasnya teknolgi itu digunakan untuk kemashalatan umat. Aplikasi yang ada di Smartphone yang membantu umat Islam untuk lebih khusuk dan disiplin beribadah merupakan salah satu teknologi yang sangat bermanfaat dan sepatutnya di unduh oleh umat Islam. (gus).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar