Selasa, 16 Oktober 2012

Jembatan Barelang dan Pantai Lokasi Favorit Berlebaran Warga Batam



Jembatan Barelang menjadi lokasi favorit warga Batam untuk berlebaran selain pantai. tempat rekreaksi itu, biasanya akan diserbu warga Batam selepas melaksanakan Shalat Idul Fitri untuk sekedar bersantai dan melepas penat.

Jembatan Barelang merupakan nama yang sudah tidak asing lagi di telinga. Terutama untuk penduduk tempatan atau warga Batam serta turis lokal atau turis mancanegara. Mungkin sudah ada puluhan atau ratusan informasi tentang Batam dengan Jembatan Barelangnya. Bahkan Pemerintah Kota Batam menjadikan Jembatan Barelang sebagai simbol kota dan juga ikon untuk program Visit Batam.

Lokasi Jembatan Barelang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Jembatan ini dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998, pemrakarsanya BJ Habibie yang kala itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi. Barelang merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang yang meruapakan nama pulau penyambung jembatan tersebut.

Secara keseluruhan, Jembatan ini memiliki total panjang 2.264 meter terdiri dari rangkaian enam jembatan yang masing-masing diberi nama raja yang pernah berkuasa pada zaman Kerajaan Melayu Riau pada abad 15-18 Masehi. Dari enam jembatan yang ada, yang menarik perhatian pengunjung adalah jembatan satu yang diberinama Jembatan Tengku Fisabilillah.

Jembatan Tengku Fisabililah memiliki struktur dan model mirip dengan golden gate-nya San Fransisco Amerika Serikat. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton dan memiliki lebar tinggi 642 x 350 x 38 meter. Jembatan ini bercirikan model Cable Stayed yang menjuntai dan megah.
Salah seorang warga Batam yang bekerja di salah satu perusahaan asuransi, Iskandar mengatakan, jembatan Barelang biasanya ramai dikunjungi warga Batam dan juga turis pada saat liburan, termasuk pada saat libur hari Raya Idul Fitri. Ribuan warga Batam akan menyerbu jembatan tersebut selepas shalat Idul Fitri hanya untuk bersantai.

“Jembatan Barelang akan diserbu warga pada saat lebaran hanya untuk bersantai dan silaturahmi karena biasanya kerabat dan keluarga mereka bertemu di jembatan tersebut,” katanya.

Jembatan ini menjadi lokasi pavorit warga Batam karena keindahan bentuknya dan dari atas jembatan bisa dijumpai pemandangan laut serta pulau pulau yang sangat mengesankan, terlebih pada sore hari akan terlihat matahari terbenam yang menciptakan pemandangan sangat indah serta menakjubkan.

Selain jembatan Barelang, Warga Batam juga banyak yang mengunjungi pantai yang juga berada dekat di lokasi Jembatan Barelang seperti Pantai Melayu dan Pantai Mirota. Selain itu, pantai Nongsa dan Pantai lainnya juga selalu penuh sesak dikunjungi warga Batam saat lebaran.

Vian seorang pekerja di perusahaan elektronik Batam mengatakan, dia biasanya bersama dengan rekan satu kerjanya akan mengunjungi pantai selepas dari jembatan barelang untuk bersantai dan menikmati pemandanngan.

Untuk itu, dia biasanya mencarter mobil untuk dijadikan alat transportasi berkeliling Batam pada saat lebaran. Selain pantai yang berada dekat dengan Jembatan Barelang, Pantai yang ada di Nongsa serta Bengkong juga menjadi lokasi favorit warga Batam selama libur lebaran.
“Lebaran pertama atau kedua biasanya warga Batam biasanya berlibur ke daerah pantai seharian bersama rekan atau saudara mereka, dan biasanya mereka sudah membawa bekal seperti makanan atau lainnya untuk berlibur selama satu hari itu,” katanya. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar