Minggu, 14 Oktober 2012

Ratusan Anak Penyu Dilepas ke Laut


LAGOI – Ratusan anak penyu hijau atau chelonya mydas di lepas ke laut sekitar perairan Bintan oleh manajemen Hotel Banyan Tree Lagoi bekerjasama dengan PT Bintan Resort Cakrawala sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan seiring makin langkanya jenis penyu tersebut.

Manager CSR Banyan Tree Hotel, Henry Ali Singer mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) melakukan aktivitas pelepasan penyu ke laut sejak dua minggu terakhir sebagai bentuk tanggung jawab social terhadap lingkungan. Jumlah anak penyu yang dilepas sekitar 200 ekor yang merupakan penyu hijau atau dalam bahasa latinya chelonya mydas.

“Kegiatan itu hampir tiap tahun kami lakukan yang merupakan bagian program pelestarian penyu yang dilakukan Banyan Tree bekerja sama dengan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC)," katanya, Rabu (13/6).

Alasan kami memilih untuk melestarikan penyu, sebab hewan itu termasuk satwa langka yang dilindungi menurut Undang-undang nomor 5 tahun 1990. Ironisnya, masih banyak masyarakat sekitar yang memburu penyu tersebut untuk berbagai kebutuhan bahkan telur penyu masih dikonsumsi oleh sebagian masyarakat di Bintan sehingga populasinya terus menurun.

Oleh karena itu, dalam acara pelepasan penyu ke laut mengikutsertakan masyarakat agar timbul kesadaran untuk melestarikan penyu dan tidak memburu penyu lagi. Selain masyarakat, juga dilibatkan turis asing yang kebetulan ada di Bintan yang cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Henry, pihaknya cukup serius untuk melestarikan Penyu di Perairan Bintan untuk itu telah dibangun fasilitas Conservation Lab untuk mengembangkan penyu sekaligus menjadi tempat untuk sosialisasi kepada masyarakat akan pelestarian lingkungan. Masyarakat perlu disadarkan untuk menjaga habitat penyu karena jika upaya pelestarian yang dilakukan pihak manajemen hotel tidak mendapat dukungan dari masyarakat maka usaha tersebut akan sia sia. Terlebih jika masyarakat masih terus memburu telur penyu untuk dikonsumsi. (gus).
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar