Minggu, 14 Oktober 2012

Elegan Dengan Lampu Gantung


Lampu gantung atau lampu hias, kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dekorasi suatu ruangan. Aneka model lampu gantung dengan nilai artistik tertentu mampu menciptakan armosfer ruangan yang elegan sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Lampu, saat ini tidak lagi hanya berfungsi untuk menerangi ruangan, namun dengan inovasi dan desain menarik serta unik maka Lampu sudah bergeser fungsinya menjadi bagian tak terpisahkan dari dekorasi suatu ruangan. Disain dan corak lampu gantung yang banyak dijual di pasaran, diyakini mampu memberi nilai lebih dan menciptakan suasana ruangan yang lebih diinginkan pemilik rumah.

“Lampu gantung mampu memberikan satu nuansa yang berbeda dan ruangan akan terlihat cantik dengan sentuhan cahaya terang ataupun temaram, terlebih corak dan desainnya beraneka,” kata pengelola Gerai Toko Furniture Rumah Kita, Anita, Jumat (29/6).

Ditambahkan, hampir dapat dipastikan disetiap rumah dari yang minimalis hingga modern memiliki lampu gantung di salah satu ruangannya terutama ruang tamu atau ruang keluarga. Sebagai salah satu tempat public service, ruang tamu kerap mencerminkan kepribadian pemilik rumah, sehingga dekorasi ruang tersebut dibuat berbeda dan lebih sempurna dari ruangan lain. Untuk menghadirkan suasana tersebut, maka pemilik rumah harus berhati hati memilih lampu yang akan menghiasi ruanganya. Pemilihan ukuran lampu hias biasanya antara 20–30 persen dari luas ruangan di mana lampu hias tersebut bakal ditempatkan. Khusus untuk lampu hias dengan model gantung maka jarak yang cukup ideal adalah 30 cm dari atas kepala.

 Meletakan lampu gantung di ruang tamu, seolah menjadi satu keharusan sebab nilai artistic yang ada pada desain lampu tersebut mampu membuat ruangan menjadi lebih elegan.

Maya (37) salah seorang yang memiliki lampu gantung di rumahnya mengatakan, produsen lampu gantung cukup cerdik dan pandai membaca keinginan pasar, sehingga desain lampu gantung diciptakan banyak corak dan model. Corak tersebut dapat disesuaikan atau digunakan untuk ruangan atau rumah dari yang minimalis hingga yang bercorak modern dan konvesnsional.

Banyaknya corak lampu gantung di pasaran menyebabkan pembeli harus lebih selektif membelinya, sebab jika desain atau corak yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan dekorasi ruangan maka suasana yang timbul justru kurang menyenangkan dan terkesan ganjil. Untuk itu, alangkah baiknya jika pemilik rumah dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang yang bekerja di bidang desain interior atau bisa juga konsultasi dengan pengelola toko furniture yang biasanya memiliki keahlian dalam menentukan lampu gantung yang tepat untuk ruangan tertentu.

Salah satu model lampu gantung yang tetap diminati sejak dulu hingga sekarang adalah lampu gantung Kristal, karena lampu Kristal mampu memberi pancaran aura kemewahan dari kristalnya yang mampu membuat ruangan berkesan elegan dan berkelas.

Selain disesuaikan dengan dekorasi ruangan, banyak orang membeli lampu gantung juga dipengaruhi oleh kepribadianya. Oleh karena itu, pemilihan lampu gantung yang tepat di ruangan tamu atau ruang keluarga menjadi satu keharusan sebab pemilik rumah biasanya ingin menampilkan sosok kepribadiannya di ruangan tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang mendesain sendiri model lampu hias atau lampu gantung lalu setelah itu menyerahkan desain tersebut kepada tukang pembuat lampu. Itu dilakukan untuk memberi kepuasan tersendiri pada bathinnya sekaligus untuk menciptakan atmosfer ruangan yang diinginkan.

Menurut Maya, model dan corak lampu gantung yang saat ini banyak diminati adalah yang minimalis dan praktis, sebab sebagian besar yang membeli lampu hias adalah pasangan muda yang sibuk dengan pekerjaanya. Oleh karena itu, lampu dengan model ringan dan simple menjadi pilihan pasangan muda tersebut.
Meski demikian, lampu gantung atau lampu hias bergaya aristocrat juga masih tetap diminati karena nilai seninya cukup tinggi dan biasanya, untuk rumah ukuran besar akan menggunakan lampu gantung model aristocrat seperti lampu yang banyak dipasang di perumahan bergaya Eropa tempo dulu. (gus).
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar