Selasa, 12 Februari 2013

Tour The Bintan Diikuti 920 Atlet Mancanegara


LAGOI –  Lomba balap sepeda Tour The Bintan yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Bintan tahun 2012 ini diikuti 920 peserta dari luar negeri dan sekitar 200 peserta lokal. Lomba yang memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah tersebut akan digelar 9-11 Nopember 2012.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bintan, Setioso mengatakan, Tour the Bintan tahun ini akan diikuti 920 perserta dari luar negeri antara lain Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Jepang, Australia dan Korea ditambah 200 peserta lokal. Seluruh peserta telah melakukan regristrasi ulang dan akan tiba di Lagoi sebelum tanggal 9 Nopember.

“Seluruh persiapan sudah hampir rampung dan saat ini tinggal memperbaiki kondisi beberapa rute yang akan dilalui peserta,” katanya, Rabu (7/11).

Peserta nantinya akan melewati tiga rute, rute pertama bersepeda sejauh 150 kilometer yang dimulai dari Terminal Tri Buana Simpang Lagoi, melewati Tri Kora-Galang Batang-Simpang Korindo-Kijang-Tirta Madu-Pasar Tani Gesek-Simpang Ceruk-Ekang Anculai, dan kembali lagi ke Terminal Tri Buana Simpang Lagoi.

Untuk rute II yaitu bersepeda sejauh 85 kilometer, mulai dari Terminal Tri Buana Simpang Lagoi melalui Jembatan Busung-Simpang Busung-Simpang Makam Pahlawan Tanjunguban-Simpang Dahope-Sekera-Sei Kecil, dan berakhir di Terminal Tri Buana Simpang Lagoi. Sedangkan rute III bersepeda sejauh 38 kilometer di dalam kawasan pariwisata Lagoi. Mulai dari Nirwana Garden-Ria Bintan-Township Bintan Resort-Nirwana Garden.

Dikatakan, pelaksanaan even Tour The Bintan akan digelar 9 hingga 11 November 2012 dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Sementara itu, acara pembukaan nantinya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu pada tanggal 10 November 2012.

Menurut Setioso, animo masyarakat khususnya atlet dari luar negeri cukup banyak untuk mengikuti lomba itu, namun panitia membatasi jumlahnya terkait keterbatasan jumlah kamar hotel yang ada di Lagoi.

“Jumlah hunian yang tersedia di Lagoi saat ini yang hanya 2000-an kamar sehingga peserta harus dibatasi,” katanya.

Sementara itu, Polisi Resort (Polres) Bintan akan mengerahkan 245 personel dari seluruh satuan untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan internasional Tour De Bintan (TDB) pada Sabtu (10/11) dan Minggu, (11/11) mendatang.

Kapolres Bintan, AKBP Octo Budhi Prasetyo Sik mengatakan, untuk persiapan pengamanan pihaknya sudah melakukan survey terhadap jalan yang akan di lalui peserta. Disetiap titik rute yang akan dilalui peserta nantinya akan ditempati beberapa polisi yang bersiap untuk menjaga keamanan peserta. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar