Selasa, 12 Februari 2013

Warga Kota Tanjung Pinang Memilih Walikota Baru


TANJUNG PINANG - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri digelar Rabu (31/10) kemarin diikuti empat kandidat pasangan Walikota dan Wakil Walikota yang akan memperebutkan 153.481 suara terdiri dari 76.885 perempuan dan 76.626 laki-laki.

Keempat pasangan Walikota dan Wakil Walikota Tanjung Pinang yang akan bertarung adalah Maya Suryanti berpasangan dengan Tengku Dahlan yang di usung oleh Partai PKS, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Golkar dan PKNU, kemudian Lis Darmansyah-Syahrul diusung PDIP dan Partai Amanat Nasional (PAN),  Husnizar Hood berpasangan dengan Rudy Chua diusung Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa, sedangkan Hendry Frankim-Yusrizal diusung Partai Perjuangan Indonesia Baru, Partai Karya Peduli Bangsa dan Partai Demokrasi Pembaruan.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang Hamid Ali mengatakan, jumlah warga yang akan menggunakan hak suaranya pada Pilkada kali ini sebanyak 153.481 orang yang terbagi dalam 364 TPS. Kandidat nomor urut satu, Maya Suryanti, terdaftar dan akan menyoblos di TPS 128 RT 02 RW 03 Seiladi, kelurahaan Kampung Bugis, Senggarang, Tanjungpinang. Sedangkan pasangannya yakni Tengku Dahlan terdaftar di TPS 175 RT 03 RW 05 Kampung Bulang. Pasangan nomor urut dua, Lis Darmansyah terdaftar di TPS 211 RT 02 RW 06 kelurahaan Batu 9. Dan wakilnya Syahrul terdaftar di TPS 317 RT 03 RW 04 Sei Jang.

“Diharapkan Pilkada berlangsung lancar dan aman dan bisa diikuti oleh seluruh warga yang memiliki suara,” katanya, Rabu (31/10).

Kemudian, kandidat pasangan nomor urut tiga, Hendry Frankim terdaftar di TPS 67 RT 03 RW 02 Kampung Baru dan wakilnya Yusrizal terdatar di TPS 279 RT 03 RW 01 Tanjung Ayun Sakti. Sedangkan untuk kandidat pasangan nomor urut empat, Husnizar Hood terdaftar di TPS 330 RT 7 RW 6 Seijang dan Rudi Chua terdaftar di TPS 108 Pelantar I.

Ketua Panwaslu Kota Tanjungpinang Mas Furqon mengatakan, hasil pantauan yang dilakukan pihaknya, seluruh TPS yang tersebar di Kota Tanjungpinang telah menyelenggarakan pesta demokrasi pilkada kemarin dengan lancar dan aman.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) meninjau kesiapan sejumlah TPS sebelum hari pencoblosan. TPS pertama yang dikunjungi mulai dari Kecamatan Tanjungpinang Kota yakni TPS 136 Kelurahan Senggarang dan TPS 128 Kampung Bugis. Kemudian, rombongan melanjutkan pemantauan ke TPS yang berada di Kecamatan Tanjungpinang Timur, yakni, TPS 252 Kelurahan Pinang Kencana dan TPS 174 Kelurahan Kampung Bulang, lalu ke Kecamatan Bukit Bestari di TPS 299 Kelurahan Tanjungpinang Timur serta TPS 327 Kelurahan Sei Jang.

Selanjutnya, rombongan meninjau ke Kecamatan Tanjungpinang Barat TPS  93 Kelurahan Bukit Cermin, TPS 006 Kelurahan Tanjungpinang Barat. TPS terakhir yang dikunjungi rombongan adalah TPS 223 di Kelurahan Batu 9.

Dari tinjauan itu, tampak seluruh TPS sudah siap dan lengkap. Kotak suara dan jajaran petugas di masing-masing TPS sudah siaga di posnya masing-masing. Tampak juga para petugas Linmas sudah berjaga-jaga di sejumlah TPS.

“Saya berharap semua petugas dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan seluruh warga Tanjungpinang diminta untuk menggunakan hak pilihnya pada hari ini sebagai penentu pemimpin Tanjungpinang lima tahun ke depan,” katanya.

Sementara itu, Polda Kepri telah mengirimkan 285 personil untuk membantu pengamanan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Tanjungpinang. Pengiriman pasukan diawali dengan apel gelar pasukan di lapangan Polda Kepri yang dipimpin langsung Direktur Sabhara Polda Kepri Kombes Pol Sugeng Ingat Rikolo, Selasa (30/10).

Menurut Sugeng pengiriman personil dilakukan untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan.  Untuk itu perlu berbagai upaya pencegahan tindakan krimal dan upaya melawan hukum.(gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar