Minggu, 14 Oktober 2012

Batam Bangun 7 Hotel Berbintang


BATAM – Sejumlah investor diketahui akan membangun sekitar tujuh hotel berbintang di Kota Batam dimulai tahun ini dengan investasi triliunan rupiah. Dengan demikian, terdapat 130 hotel di Batam, 53 hotel diantaranya merupakan hotel bintang.

Kabid Sarana dan ObjeK Wisata Dinas Pariwisata kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan, industry pariwisata di Kota terus mengeliat ditandai dengan semakin banyaknya investor yang tertarik menanamkan modalnya disektor pariwisata diantaranya membangun hotel berbintang.

“Sudah ada permintaan dari beberapa investor asing dan domestic yang akan membangun tujuh hotel berbintang di Batam dan dimulai tahun ini juga,” katanya, Selasa (26/6).

Tujuh hotel yang akan dibangun tersebut rencananya akan dibangun di Seraya sebanyak satu unit hotel, kemudian dua hotel dibangun di daerah Penuin, dua hotel lagi dibangun di daerah Batu Ampar, satu hotel dibangun di Nagoya dan satu unit lagi akan di bangun di daerah Marina,Sekupang.
Dengan dibangunnya tujuh hotel tersebut, maka jumlah hotel di Batam bertambah menjadi 130 hotel yang terdiri dari 53 hotel berbintang dan 77 unit hotel yang non bintang. Adapun jumlah kamar keseluruhanya mencapai 4500 kamar dengan jumlah tempat tidur sekitar 8.002 tempat tidur.

Menurut Rudi, tingginya minat investor membangun hotel di Batam, tidak terlepas dari potensi keuntungan yang bakal diterima, sebab tingkat hunian atau occupancy hotel di Batam termasuk tertinggi di Indonesia yakni rata rata lebih dari 60 persen setiap tahunnya.

Pemko Batam sendiri menyambut baik rencana investor tersebut karena akan mendukung program pariwisata dimana saat ini Pemko Batam menargetkan 1,2 juta wisatawan yang berkunjung ke Batam dan jumlahnya akan terus meningkat setiap tahunnya. Untuk itu diperlukan hotel dalam jumlah yang lebih banyak dan kualitas yang lebih baik, sebab tamu atau turis yang berkunjung ke Batam menuntut hotel dengan fasilitas terbaik. (gus).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar