Minggu, 14 Oktober 2012

Kebutuhan yang Menjadi Hobi


Awalnya mengumpulkan kertas tissue hanya untuk membantu persediaan tissue rumah makan milik orang tuanya, namun lama kelamaan aktivitasnya itu menjadi hobi yang menyenangkan.

Rara (20) mengatakan, memiliki puluhan jenis tisue yang terdiri dari berbagai merek dan tipe di kamartnya. Tisue tisse tersebut diperolehnya dari berbagai toko yang ada di Batam, dan ada juga yang dikasih oleh kerabatnya dari berbagai kota yang kebetulan berkunjung ke Batam.

Tisue merupakan kertas atau benda yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas kehidupan manusia sehari hari, sebab pada kondisi saat ini hampir semua aktivitas menuasia membutuhkan tissue. Mulai dari kegiatan makan sampai membersihkan diri selalu menggunakan tissue, sehingga di setiap rumah warga selalu tersedia tissue.

Rara mengatakan, dia sudah hampir tiga tahun ini hobi mengoleksi kertas tissue dan ketertarikanya pada tissue berawal dari ke isengan untuk membanu pengadaan tissue orang tuanya untuk kebutuhan rumah makan milik keluarganya. Pada mulanya, Rara hanya memiliki beberapa jenis dan model tissue namun saat ini sudah ada puluhan model dan jenis tissue yang dimilikinya.
Tisue-tisue itu dibelinya sendiri dengan harga termurah dua ribu rupiah hingga 23 ribu rupiah per bungkus. Ada juga tissue yang dikasih oleh kerabatnya yang kebetulan berkunjung ke rumah orang tuanya di Batam dari berbagai kota.

Kertas tissue yang dimiliki Rara terdiri dari berbagai jenis yang disesuaikan pada kegunaanya. Ada kertas tissue yang bertekstur lembut dan halus yang fungsinya untuk membersihkan wajah, mulut dan bagian tubuh lain dari kotoran dan keringat. Kemudian ada juga kertas tissue yang teksturnya mudah hancur ketika kena air, dan biasanya kertas tissue ini digunakan untuk membersihkan setelah buang air besar atau tissue untuk toilet.

Ada lagi tissue dengan tekstur yang mudah menyerap minyak serta air yang digunakan untuk membersihkan mulut dan tangan setelah makan. Lalu ada tissue yang memiliki daya serat tinggi, lembut dan kuat. Gunanya untuk mengeringkan tangan sesudah mencuci tangan, membersihkan dapur dari tumpahan noda dan pengganti koran untuk meletakkan gorengan agar dapat menyerap minyak.

Dari hobinya itu, Rara jadi memiliki pengetahuan tentang kertas tissue terutama tissue yang memiliki kualitas baik dan tidak. Tisue yang baik adalah tissue yang terbuat dari 100 persen serat alami dan bukan dari kertas daur ulang. Sebab, serat alami akan menghasilkan tissue bertekstur lembut yang aman untuk di gunakan sehari-hari.

Oleh karenanya, setiap akan membeli tissue pastikan di kemasan tissue terdapat keterangan bahwa tissue di buat tanpa di tambahkan dengan OBA atau optical brightening agent yakni suatu zat pemutih yang di gunakan untuk memutihkan kertas atau tissue. OBA ini termasuk zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Tissue- tissue dari merk ternama di pasaran biasanya akan mencantumkan keterangan yang berkaitan dengan hal seperti itu.

Secara sederhana, untuk mengecek kertas tissue yang mengandung OBA atau tidak dapat dilakukan dengan cara merendam tissue dalam segelas air selama 1 jam, bila air berwarna sangat keruh dan putih bisa di pastikan tissue itu mengandung zat pemutih. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar