Minggu, 14 Oktober 2012

Bersantai di Pantai Mirota



Pantai Mirota merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di Kota Batam, terletak di Pulau Galang yang bisa ditempuh sekitar 50 menit dari pusat kota Batam. Pantai yang masih alami dan asri tersebut sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat setelah disibukan dengan aktivitas kerja.

Perjalanan dari Pusat Kota Batam ke Pantai Mirota cukup melelahkan karena untuk menjangkau pantai tersebut harus ditempuh dengan kondisi jalan tanah dengan batu kerikil tersebar kemana mana. Jalan beraspal menuju Pantai Mirota hanya sebatas jalan utama dan ketika akan masuk ke lokasi pantai harus dilewati jalan tanah, namun jaraknya hanya beberapa menit saja.

Sesampai di Pantai Mirota, rasa lelah dan kepanasan akan hilang dengan sendirinya setelah menyaksikan keindahan Pantai dengan pasir putih dan keasrian lingkungannya. Terlebih tak banyak pengunjung di pantai tersebut sehingga untuk kenyamanan dan privacy sangat terjaga.
Selain bisa berenang, pengunjung di pantai ini juga bisa melakukan snorkeling dan bersantai dengan Banana Boat. Lalu bagi pecinta potrografi, tempat ini juga bisa menjadi studio alam yang mengasikan dengan deburan ombak, pasir putih dan pohon kelapa serta mangrove yang asri ditambah burung burung yang banyak beterbangan di sekitar pantai. Bebatuan yang ada juga menambah semarak dan membuat keindahan pantai seolah menyatu dengan alam.

Salah seorang turis asal Singapura, Michel Lim mengatakan, dia sudah sering mengunjungi pantai pantai yang ada di Batam dan salah satunya Pantai Mirota. Pantai tersebut sangat mengasikan untuk melakukan aktivitas selam sebab terumbu karang yang ada di tempat itu masih alami dan banyak aneka jenisnya.
Hanya saja, Pemerintah setempat kurang memberi perhatian terhadap pantai tersebut sebab fasilitas pendukung masih minim, contohnya toilet dan tempat menginap belum tersedia. Selain itu akses jalan menuju pantai Mirota cukup memprihatinkan karena belum diaspal sehingga banyak kendaraan pengunjung yang pecah bannya disebabkan jalan yang penuh dengan batu kerikil.

Selain minim infrastruktur, pantai Mirota juga belum banyak dikenal turis karena promosinya juga minim. Warga Singapura sendiri belum banyak yang mengetahui tentang Pantai Mirota padahal, pantai tersebut sangat potensial untuk dikembangkan.

Meski minim fasilitas, namun daya tarik Pantai Mirota membuat para turis terus mengunjungi tempat tersebut. Terlebih pada musim liburan seperti akhir pecan, atau libur hari raya maka tempat itu akan dikunjungi ratusan turis dari berbagai negara dan juga pengunjung dari nusantara.

Salah Seorang Pengunjung warga Batam, Budi K Utama mengatakan, Pemerintah Kota Batam sudah saatnya membangun sejumlah fasilitas pendukung di Pantai Mirota agar warga Kota Batam yang sudah sibuk dengan aktivitas kerja seharian bisa menikmati liburannya di pantai tersebut. Pemko juga diminta untuk tidak menjual pantai Mirota ke investor karena jika sudah dikelola investor maka tempat tersebut tidak bisa dimasuki oleh masyarakat umum. Saat ini, kata Budi hampir seluruh pantai yang ada di Batam sudah dibeli oleh investor sehingga masyarakat umum tidak dapat lagi dengan bebas menikmati keindahan pantai yang ada di Batam.

“Pantai Mirota merupakan tempat wisata favorit warga Batam sehingga sudah selayaknya Pemerintah daerah membangun sejumlah fasilitas agar pengunjung merasa nyaman berlibur ke tempat itu,” kata Budi. (gus)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar