Minggu, 14 Oktober 2012

Dessert Lezat yang Menyehatkan


Makanan penutup atau Dessert tak melulu harus serba manis sebab menu Dessert sekarang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan penikmatnya, terutama bagi penderita penyakit tertentu seperti Diabetes yang justru harus menghindari konsumsi gula berlebih. Meski tidak manis, banyak olahan makanan penutup tetap enak dan lezat serta tentu saja menyehatkan.

Ahli Gizi salah satu Rumah Sakit di Batam, Lilies Eva Parsida mengatakan, makanan penutup atau Dessert adalah menu yang biasa dimakan setelah makanan utama yang identik dengan rasa manis. Oleh karena itu, banyak orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti Diabetes tidak dapat menikmati Dessert pada acara acara tertentu.

Padahal, kata Lilies menu Dessert bisa disajikan tanpa gula atau tanpa rasa manis berlebih namun tetap enak dan lezat dirasa, misalnya Dessert dari olahan buah buahan atau jika terpaksa harus menggunakan gula maka disarankan untuk menggunakan Gula rendah kalori yang banyak dipasaran atau dapat mengganti gula dengan sirup, madu, kayu manis, kurma atau kismis di dalam hidangan penutup tersebut, dan untuk rasa asin bisa ditambah sedikit keju.

“Selama dalam porsi yang tepat serta tidak berlebihan, makanan apapun tetap menyehatkan bagi semua orang, namun perlu juga dijga bagi penderita penyakit tertentu seperti Diabetes untuk menghindari makanan penutup yang terlalu manis,” katanya, Senin (18/6).

Pemilihan Dessert yang menyehatkan tidak hanya perlu dilakukan orang dengan penyakit tertentu, tetapi bagi orang yang sehat juga hendaknya memilih Dessert yang sehat dan tidak mengandung gula terlalu banyak. Sebab jika kadar gula di dalam Dessert terlalu tinggi dan selalu dikonsumsi maka akan memicu penyakit Diabetes bagi orang tersebut sehingga orang yang tadinya sehat bisa terkena Diabetes.

Ada beberapa olahan makanan untuk Dessert yang menyehatkan bagi tubuh seperti Salad Buah pisang, Mangga dan buah buah jenis berry untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral. Namun, harus diperhatikan bagi pembuat salad ini yaitu hindari penggunaan saus mayonnaise atau thousand islands dan dianjurkan untuk menggunakan campuran jus lemon dan yoghurt tawar untuk mengurangi kadar gula. Supaya Dessert tetap enak dan lezat, maka bisa divariasikan menu tersebut dengan buah jenis lain seperti jeruk,apel dan anggur atau kiwi,melon dan pisang.

Kemudian, Dessert dari buah celup cokelat, makanan penutup ini cukup menyehatkan karena hidangannya terdiri dari aneka buah yang disajikan dengan coklat. Buah yang disarankan seperti stroberi, jeruk sunkist, melon atau berbagai buah lainnya. Kemudian untuk  coklatnya hanya digunakan jenis dark chocolate, bukan milk atau white chocolate. Sebab, Dark chocolate lebih rendah gula dan kalori, juga memiliki antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas. Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan flavonoid yang menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Menu Dessert lainnya adalah Apel Panggang yang merupakan dessert sehat dengan rasa yang lezat dan mudah dibuat. Caranya, potong apel menjadi dua, lubangi bagian tengahnya kemudian isi dengan madu atau dark chocolate. Oleskan sedikit gula dan mentega, lalu panggang dalam oven bersuhu 175 derajat Celcius selama 15 menit. Lalu ada juga Dessert dari buah Kurma, buah ini tidak hanya lezat tetapi juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kurma mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, kalsium, magnesium dan beta-karoten. Kurma bisa dinikmati sendiri, atau dihidangkan bersama teh dan susu rendah lemak.

Dessert dari Frozen Yogurt juga cukup menyehatkan, cara membuatnya dengan menyampurkan buah berry, potongan buah, kacang dan bubuk kayu manis dengan yoghurt tawar. Masukkan dalam freezer hingga membeku lalu hidangkan. Kemudian dessert Smoothies yang terbuat dari campuran buah asli dan yoghurt rendah lemak seperti Stroberi yang dikombinasikan dengan mangga atau blueberry dan nanas. Bahan tersebut di taruh dalam blender, tambahkan 1/2 cangkir yoghurt rendah lemak lalu proses hingga halus dan hidangkan.

Menurut Lilies masih banyak lagi olahan makanan yang bisa dibuat untuk Dessert. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui kandungan gizi yang ada dalam setiap jenis makanan seperti buah atau sayur yang akan diolah tersebut. Kemudian untuk menciptakan rasa disarankan untuk menggunakan bahan alami atau  kalaupun terpaksa maka disarankan untuk menggunakan bahan dengan rendah kalori dan glokosa. (gus).


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar