Sabtu, 13 Oktober 2012

Kepri Bangun Tiga Pelabuhan Perikanan



TANJUNG PINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan membangun tiga pelabuhan perikanan dengan anggaran sekitar 30 miliar rupiah untuk mendukung pertumbuhan industri perikanan di Kepri.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Azirwan mengatakan, tiga pelabuhan perikanan yang akan dibangun terletak di daerah Antang, Kabupaten Kepulauan Anambas, kemudian di Parit Rampak, Kabupaten Karimun dan di Selat Rampa, Kabupaten Natuna. Ketia tempat tersebut selama ini merupakan sentra perikanan tangkap dan budidaya sehingga diperlukan pelabuhan khusus perikanan untuk menunjang industri perikanan di daerah itu.

“Rencana pembangunan pelabuhan perikanan di tiga daerah itu sedang dalam kajian dan Detail Engineering Desain (DED) dalam persiapan termasuk DED untuk lanjutan pembangunan di Parit Rampak, Karimun,” katanya, Kamis (31/5).

Anggaran untuk membangun tiga pelabuhan itu diperkirakan lebih dari 30 miliar rupiah yang berasal dari APBN dan APBD.  Untuk itu, telah diusulkan anggaranya ke Pemerintah pusat untuk disetujui.

Menurut Azirwan, pembangunan pelabuhan perikanan juga dimaksud untuk tempat berlabuh kapal-kapal penangkap ikan termasuk kapal asing yang mendapat ijin dari pemerintah pusat dan daerah.

Dijelaskan, Provinsi Kepri sangat potensial dikembangkan industry perikanan karena sebagian besar atau 96 persen wilayahnya adalah laut. Selain budidaya perikanan laut di Kepri juga berkembang budidaya ikan air tawar sehingga untuk mendukung aktivitas jual beli dan ekspor dibutuhkan pelabuhan khusus perikanan.

Untuk mendukung pertumbuhan industry perikanan di Kepri, Pemerintah daerah memberikan bantuan permodalan pada nelayan atau masyarakat pesisir seperti bantuan kapal atau modal untuk mencari ikan. Bantuan itu diperlukan nelayan atau masyarakat pesisir karena sebagian besar perekonomiannya berada dalam kondisi memprihatinkan. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar