Sabtu, 13 Oktober 2012

Kepulauan Anambas Terindah di Asia


Kepulauan Anambas yang terletak di Provinsi Kepualauan Riau dinobatkan sebagai Pulau Tropis terindah di Asia menurut versi CNN.com beberapa waktu lalu. Betapa tidak, pulau yang sudah cukup dikenal masyarakat dunia itu memiliki pantai dan pasir putih yang sangat cantik dan menjadi habitat penyu langka, lalu salah satu pulau yakni Pulau Bawah sangat terkenal dengan Lagunanya dengan air berwarna biru jernih dan di dasar laguna terdapat ikan serta terumbu karang yang dapat terlihat secara jelas dari permukaan air.
Sebagai negeri kepualauan, Indonesia memiliki banyak pulau cantik dan eksotik sepertihalnya Bali, namun tidak semua pulau yang cantik tersebut dikenal karena belum dikelola secara profesional. Sepertihalnya kepulauan Anambas yang baru menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Kepualaun Riau (Kepri).
Baru baru ini, Kepulauan Anambas terpilih sebagai pulau tropis tercantik di Asia menurut versi CNN.Com. Publikasi yang diumumkan pada 17 April 2012 tersebut menyebutkan bahwa Kepulauan Anambas khususnya Pulau Bawah merupakan pulau tropis yang memiliki keindahan alam yang eksotik dan mengalahkan pulau pulau paling cantik lainnya di Asia. Menurut CNN.Com ada lima pulau tercantik di Asia tahun ini yang dinominasikan Pulau Koh Cang di  Thailand, Langkawi di Malaysia, Kepulauan Anambas di Indonesia, Teluk Halong di Vietnam dan Similand Islands di Thailand.
“Sulit memang menentukan pulau tropis yang paling cantik di Asia karena masing masing pulau menyimpan berjuta pesonanya, namun Kepulauan Anambas dinilai paling cantik dengan hmparan samudra biru nan luas, lokasi penyelaman laut yang tersembunyi, serta kehidupan laut dengan biota-biota laut dan terumbu karang yang masih alami,” kata Herman Ho, Managing editor Boath Asia 2012 yang merupakan salah satu panitia pemilihan pulau tropis tercantik di Asia yang dimuat CNN.Com.
Terpilihnya Kepulauan Anambas sebagai pulau tropis tercantik di Asia cukup mengejutkan karena di dalam negeri sendiri wilayah ini belum dikenal secara baik, namun di luar negeri ternyata sudah banyak masyarakat dunia yang mengetahuinya. Itu terlihat dari banyaknya turis asing yang mengunjungi Kepulauan Anambas untuk berwisata. Sayangnya, meski memiliki potensi besar namun belum banyak pembangunan infrastruktur di Kepulauan Anambas. Untuk menjangkau daerah ini pun masih cukup sulit karena terbatasnya sarana transportasi.
Bupati Kabupaten Anambas, Drs Tengku Mukhtaruddin mengatakan, Kabupaten Kepulauan Anambas baru berdiri pada tahun 2008 berdasarkan UU No 33 tahun 2008. Daerah yang awalnya bergabung dengan Kabupten Natuna ini terdiri dari 238 pulau besar dan kecil yang kebanyakan belum berpenghuni. Sebagai kabupaten baru, Anambas belum memiliki infrastruktur yang memadai meskipun banyak pulau yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata.
Untuk mencapai Anambas yakni kota Tarempa dari Batam bisa menggunakan pesawat komersil seperti Sky Avition yang terbang setiap hari Selasa, Kemis dan Sabtu dengan rute dari Matak-Tanjung Pinang-Jakarta pp.), kemudian Deraya Airlines (6x seminggu: Batam-Tanjung Pinang- Matak pp.) dan Fokker 50 (6x seminggu: Matak-Batam-Jakarta pp.). Sedangkan transportasi laut dilayani oleh KM. Bukit Raya (2x sebulan), KM. Gunung Bintan (2x sebulan) dan KM. Trigas (2x sebulan), serta MV. VOC BATAVIA (Rabu: Tanjung Pinang-Tarempa; Jum’at: Tarempa- Tanjung Pinang).

Hotel yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah: Hotel Terempak Beach dengan kapasitas kamar 40 berada di Kecamatan Siantan kemudian Wisma Anambas Indah dengan kapasitas 20 kamar di kecamatan Siantan, Wisma Sakura kapasitas 20 kamar di Kecamatan Siantan.  Wisma Tanjung Indah kapasitas 40 kamar di Kecamatan Siantan. Sementara itu, Restoran dan Rumah makan yang ada di Kabupaten ini antara lain, Restoran Siantan Nur (daya tampung 60 orang di Kecamatan Siantan), Restoran Laluna (60 orang di Siantan) dan Restoran Sakura (40 orang di  Siantan).

Dari Tarempa atau Maltak,
pengunjung selanjutnya bisa menikmati keindahan pulau pulau di Anambas yang masih asri seperti Pulau Bawah yang terpilih sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.Com.
Keindahan Pulau Bawah memang belum dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia namun bagi masyarakat mancanegara ternyata pesona Anambas khususnya Pulau Bawah telah mengundang decak kagum dan menjadi magnet untuk dikunjungi.

Selain memiliki keindahan pantai dengan air yang jernih dan pasir putih, Pulau Bawah terkenal dengan Lagunanya. Laguna adalah semacam danau air laut yang terpisah dari lautan lepas karena bentang alam yang membentuknya. Laguna di gugusan Pulau Bawah dibentuk oleh gugusan pulau di tengah lautan lepas. Airnya berwarna biru jernih. Pemandangan di dasar laguna termasuk ikan-ikan dapat terlihat jelas dari permukaan air. Pasir putih menyelimuti dasar laguna, dan terdapat terumbu karang di beberapa titik pulau tersebut.

Seorang warga Amerika Serikat yang pernah mengunjungi Pulau Bawah, Peter Michael Timmer mengatakian, Laguna yang ada di Pulau Bawah adalah salah satu yang terbaik di dunia, sekelas dengan Laguna Bora-Bora di Tahiti. Peter sudah berpengalaman mengunjungi banyak Laguna di Dunia dan dia merasa kagum dengan keindahan Laguna di Pulau Bawah.
 
Gugusan Pulau Bawah terdiri dari empat gugusan pulau kecil lainnya dengan luas keseluruhan 99,739 hektar. Jarak tempuh dari tarempa ke Pulau Bawah sekitar tujuh jam bila menggunakan alat transportasi pompong (perahu bermotor), sementara bila menggunakan speed boat sekitar empat jam. Berbagai eksotisme akan ditawarkan kepada pengunjung, antara lain adalah Diving, Snorkeling, Fishing, Swimming dan lainnya. (gus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar