Minggu, 14 Oktober 2012

Processor Dari Masa ke Masa


Teknologi selalu berkembang sesuai tuntutan jaman begitupun dengan Processor yang dahulu dianggap paling canggih, saat ini dinilai kuno. Itu tidak terlepas dari nafsu dan keinginan manusia sebagai pengguna Processor yang selalu menuntut kesempurnaan suatu teknologi untuk memudahkan aktivitas dan pekerjaanya.  

Processor yang biasanya ada di Komputer merupakan otak pengendali yang menerima instruksi proses sebelum kemudian meneruskannya ke hardware lainnya. Otak pada processor dapat dianalogikan seperti otak pada manusia, dimana ketika seseorang akan melakukan suatu kegiatan maka otak memberi sinyal terlebih dahulu kemudian tubuh melanjutkan perintah otak tersebut.

Seiring perkembangan jaman, masyarakat pengguna komputer ingin mendapatkan banyak kemudahan dan fasilitas di komputernya dengan harapan fasilitas tersebut bisa memudahkan aktivitas kerjanya. Untuk itu, produsen Processor yakni Intel terus menerus memperbarui teknologi Processor yang disesuaikan keinginan penggunanya. Intel merupakan suatu perusahaan microprocessor dan processor yang terkenal di dunia dan produknya banyak digunakan di komputer, laptop dan server yang tidak sedikit menggunakan produk Intel sebagai processornya. Processor Intel terkenal dengan teknologi yang selalu baru untuk menjawab keinginan manusia. Bahan, produksi Intel saat ini dijuluki sebagai Otak Komputer tercepat di dunia yaitu Core i7 dan Corei.
Sejarah produksi Processor yang dilakukan Intel berawal pada tahun 1971 ketika perusahaanitu memproduksi 4004 Microprocessor yang digunakan pada mesin Kalkulator Busicom. Penemuan itu menjadi langkah awal untuk untuk memproduksi otak yang disebut dengan Processor pada benda mati. Setahun setelahnya yakni 1972, munculah Microprocessor 8008 yang memiliki kekuatan dua kali lipat dari pendahulunya. Meski demikian, produk inipun masih memiliki kekurangan dan dua tahun kemudian teknologinya diperbarui, lalu munculah 8080 Microprocessor.

Empat tahun kemudian yakni 1978, Intel memproduksi processor yang lebih canggih disbanding generasi sebelumnya yakni Processor 8088 yang berkat kecanggihan teknologi processor tersebut telah berhasil mendongkrak nama Intel hingga mendunia dan produknyapun laris manis. Tahun 1982, Intel memproduksi Processor 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya. Setelah itu, hamper tiap tahun Intel memperbarui teknologi Processor, misalnya tahun 1985 diluncurkan Intel386™ Microprocessor, lalu tahun 1989 dikeluarkan Intel486™ DX CPU Microprocessor, kemudian tahun 1993 diluncurkan Intel® Pentium® Processor yakni Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

Padan tahun 1995, Intel memproduksi Intel® Pentium® Pro Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 juta transistor yang tertanam. Lalu pada 1997, Intel meluncurkan  Intel® Pentium® II Processor. 1998 diproduksi Intel® Pentium II Xeon® Processor. 1999 diproduksi Intel® Celeron® Processor, 1999 Intel menghasilkan Intel® Pentium® III Processor dan Intel® Pentium® III Xeon® Processor. Lalu pada tahun 2000 diproduksi  Intel® Pentium® 4 Processor setahun kemudian diluncurkan Intel® Xeon® Processor dan Intel® Itanium® Processor.

Pada tahun 2010, Intel merilis lebih dari satu lusin processor baru dalam rangka menyukseskan tipe family Core, termasuk chip processor i3, i5 dan i7. Chip Intel Core yang berbasis teknologi Intel Arrandale dan Clarkdale tersebut merupakan processor dengan proses manufaktur 32 nm pertama dari Intel. Processor Core i5 dan i7 dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost untuk performance prima, karena Turbo Boost didesain secara otomatis memberikan akselerasi performance dan menyediakan dukungan ekstra performance ketika dibutuhkan. Sedangkan untuk processor pemula Core i3 tidak dilengkapi teknologi Turbo Boost, namun menyediakan support grafis HD (High Definition) yang dibangun di dalam processor.

Yang terbaru dari Intel saat ini adalah Processor Intel Ivy Bridge yakni generasi ketiga dari teknologi Core I yang dilengkapi arsitektur generasi terbaru penyempurnaan dari arsitektur sebelumnya, Sandy Bridge. Jika pada Sandy Bridge, chipnya dibangun menggunakan 1,16 miliar transistor dengan luas die prosesor sebesar 216 mm2 , maka chip yang terdapat di Ivy Bridge dibangun atas 1,4 miliar transistor dengan luas die prosesor sebesar 160 mm2.
Pada akhirnya teknologi akan terus berkembang sesuai tuntutan jaman, Jika pada saat ini Processor yang dianggap paling canggih bisa member kepuasan pada manusia maka tiga atau empat bahkan sepuluh tahun kedepan teknologi yang ada saat ini bisa saja dianggap kuno. Pasalnya, nafsu dan keinginan manusia tidak akan pernah habis selalu menuntut teknologi terbaru dari suatu produksi yang disebut Komputer dan pada akhirnya Intel dan perusahaan yang memproduksi Processor akan terus melahirkan teknologi teknologi Processor terbaru untuk menjawab keinginan manusia. (gus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar